RSUD Biak, Mulai Operasikan CT Scan 128 Slide

Plt Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd meresmikan CT Scan 128 Slide di RSUD Biak, Senin (12/11) (FOTO : FIKTOR PALEMBANGAN/CENDERAWASIH POS)

BIAK-CT Scan 128 Slide di RSUD Biak mulai dioperasikan dengan resmi sejak, Senin (12/11). Pengoperasian CT Scan tercanggih itu diawali dengan peresmian oleh Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd disela-sela peringatan HKN ke-54 di Halaman Kantor Bupati. Setelah peresmian, Plt Bupati didampingi Plt. Direktur RSUD Biak dr. Ricardo Mayor, M.Kes melihat langsung CT Scan 128 yang baru dipasang itu.

“Jadi dengan peresmian ini, maka CT Scan 128 Slide ini juga mulai dioperasikan. Dan untuk pengoperasiannya kami didukung oleh dua tenaga dokter dan perawat yang memang sudah terlatih dibidang ini,” ujarnya kepada wartawan di RSUD Biak, kemarin.

Menurutnya, di Papua CT Scan 128 Slide baru terdapat di RSUD Dok II Jayapura, RSUD Abepura dan RSUD Biak sendiri. ‘Jadi CT Scan seperti ini baru empat di Papua, salah satunya di RSUD Biak,” katanya.

Dengan keberadaan CT Scan itu nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan secara optimal, termasuk masyarakat yang ada di wilayah Teluk Saereri. Keberadaan peralatan canggih itu juga merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk terus melengkapi peralatan medis dan sejumlah kelengkapan lainnya di RSUD Biak.

  Keberadaan CT Scan yang didatangkan dengan menggunakan dana DAK tahun 2018 sebesar Rp 12,3 miliar itu diharapkan dapat menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih baik lagi kedepannya.

               “CT Scan 128 Slice memiliki keunggulan seperti mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam, waktu pemeriksaan yang singkat, dosis radiasi yang rendah jika dibandingkan dengan CT Scan konvensional yang lain sehingga aman bagi pasien baik dewasa maupun anak-anak,” jelasnya.

            Lebih jauh dijelaskan, bahwa dengan CT Scan yang baru itu juga mampu memenuhi kebutuhan klinis bagi dokter dan pasien karena dapat diatur dari skala 20 sampai 128 irisan sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, juga mampu mendukung pemeriksaan dengan berbagai posisi yang tidak bisa dilakukan dengan CT Scan konvensional, hal ini ditunjang dengan gantry berdiameter 80 Cm yang cukup lega serta kekuatan meja pemeriksaannya mampu menahan berat badan sampai 397 Kg.

            Keunggulan lainnya, mempunyai teknologi terkini rekonstruksi gambar, sehingga dengan sekali scanning dapat diolah menjadi berbagai posisi/planes bahkan dapat membuat rekonstruksi gambar 3D tanpa perlu melakukan scaning ulang.

            Sedangkan dari sisi kegunaan, bahwa CT-SCAN 128 Slice dapat digunakan untuk banyak pemeriksaan antara lain; pemeriksaan jantung, pemeriksaan angiografi (pemeriksaan pembuluh darah), pemeriksaan otak (evaluasi stroke infark, stroke perdarahan, infeksi, tumor, cedera kepala) dan pemeriksaan rongga dada (paru-paru, tumor, infeksi, kelainan pada mediastinum, gangguan pembuluh darah besar).(itb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *