PT. Tunas Sawa Erma Gelar Pengobatan Gratis Di Distrik Jair

Petugas dari Klinik Asiki Korindo saat melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga Kampung Miri Distrik Jair, Boven Digoel.

MERAUKE- Tim CSR PT. Tunas Sawa Erma (POP. A) kembali melaksanakan kegiatan kepedulian sosial kepada masyarakat dalam bentuk pengobatan massal secara gratis di pedalaman perbatasan Papua tepatnya di Kampung Miri, Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel-Papua, Minggu (11/11).

Kampung Miri terletak di wilayah perusahaan PT. Tunas Sawa Erma (POP. A) yang dapat ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih 1 jam. Kampung Miri dengan jumlah penduduk 236 jiwa ini, juga memiliki potensi alam diantara di bidang perikanan dan holtikultura.

Kegiatan diawali dengan ibadah minggu pagi bersama di Gereja Katolik St. Paulus Miri, dan setelah itu tim mengarahkan masyarakat untuk menuju ke tempat dilaksanaan kegiatan pengobatan massal gratis, bertempat di SD Persiapan Miri.

Penyuluhan kesehatan diberikan kepada anak-anak, tentang bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar, dan selanjutnya tim CSR membagikan Sikat Gigi dan Pasta gigi seusai penyuluhan.

Kegiatan baksos disambut dengan baik oleh warga, terlihat dengan antusiasnya warga yang datang untuk memeriksakan kesehatan mereka.

Tim CSR PT. Tunas Sawa Erma yang berjumlah 14 orang, melayani pasien sebanyak 94 orang dari anak-anak hingga lansia.

Dari hasil pemeriksaan Penyakit yang banyak di temukan pada anak—anak adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA) sedangkan pada orang dewasa adalah hipertensi (tensi tinggi), dikarenakan mereka sering mengkonsumsi garam dalam jumlah yang lebih.

Namun dalam pelayanan kesehatan kali ini tidak di temukan penyakit serius yang di alami masyarakat, berharap agar seluruh masyarakat kampung miri agar lebih memperhatikan kesehatannya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar,kata dr. Olly Shintamarito selaku penanggungjawab medis.

Perkembangan kesehatan masyarakat sekitar sudah mulai membaik dan tidak ada lagi yang mengalami penyakit yang serius, tutur Kepala Kampung Miri Alowisius Amkai.

Iapun menyampaikan terima kasih karena pihak perusahaan sudah memberikan perhatian kepada masyarakat di Kampung Miri

Harapan kedepanya pihak perusahaan selalu memberikan perhatian kepada masyarakat khususnya dalam segi kesehatan karena untuk mendapatkan pelayanan kesehatan harus menempuh jarak yang cukup jauh, tambah Alowisius Amkai berharap.

Sementara itu, Penanggung jawab Humas PT Tunas Sawa Erma (POP A) Marten Pare menyampaikan terima kasih kepada masyarakat kampung Miri yang telah berpartisipasi dalam pengobatan massal ini.

Menurutnya, pengobatan kepada masyarakat sangat diperlukan, karena jauh dari puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya untuk dapat menjangkau masyarakat yang berada jauh dari fasilitas kesehatan.

Antusias masyarakat yang mengikuti pengobatan sangat tinggi. Itu artinya mereka sudah menyadari bahwa penting untuk menjaga kesehatan.

Jadi pada hari ini masyarakat datang berbondong-bondong untuk mengikuti pelayanan kesehatan gratis ini. Harapan kami masyarakat tetap dapat berpartisipasi untuk meningkatkan taraf kesehatan yang lebih baik lagi untuk kedepannya, tambah Marthen. (ulo/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *