Target PAD Pajak Rumah Sewa Sudah Capai 92 Persen 

Kepala Bapenda Robby K.Awi saat berbincang-bincang dengan Kadispora Kota Jayapura Rocky Bebena. (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Jayapura Robby.K.Awi mengatakan, tahun 2018 ini, Bapenda ditargetkan menerima Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak 10 persen dari usaha rumah sewa. Perda target PAD Pemasukan Pajak 10 Persen dari Rumah Sewa Capai 92 Persen Rp 360 juta. dan Saat ini untuk target tersebut sudah tercapai lebih 92 persen atau sudah lebih Rp 300 juta.

‘’Capaian target PAD kami di pajak 10 persen rumah sewa, sudah capai 92 persen lebih, kami terapkan  pajak 10 persen bagi pemilik rumah sewa lebih 10 petak dan jika kurang tetap harus mengurus izin usahanya,’’katanya Senin(12/11)lalu.

Menurutnya, dalam penarikan 10 persen, memang sudah ada Perdanya, yaitu Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang pemilik usaha rumah sewa harus dikenakan pajak 10 persen, bagi yang memiliki lebih 10 petak rumah sewa.

   ‘’Kami baru terapkan penarikan 10 persen dan ada targetnya baru tahun ini, memang jika dalam target bisa melampaui kami akan tingkatkan lagi targetnya tahun 2019 nanti,’’terangnya.

   Diakuinya, penarikan 10 persen ini, bukan tanggung jawab pemilik usaha rumah sewa, tapi ini ditarik bagi penyewanya, namun uangnya sudah dijadikan satu dalam uang sewa penyewanya. Tinggal pemilik usaha kos menambahkan 10 persen dari sewanya.

“Untuk Perda ini sudah kami lakukan sosialisasi,  karena saat ini  di Kota Jayapura terus mengalami pembangunan rumah sewa, tetap kami akan terus lakukan penyisiran ulang, bagi mereka yang punya rumah sewa yang belum di data, supaya PAD kita bisa terus meningkat,’’jelasnya.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *