Ondofolo Boy Eluay Dimakamkan di Kampung Sereh

Yewen/Cepos
RUMAH DUKA: Danrem 172/PWY, Kolonel Inf. Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar saat berbincang-bincang dengan Yanto Eluay adik kandung almarhum Ondofolo Boy Eluay dan beberapa tokoh masyarakat saat melayat di rumah duka Pendopo almarhum Ondofolo Boy Eluay, di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (13/11).

Danrem: Saya Kenal Almahum Sangat Nasionalis

SENTANI- Pihak keluarga merencanakan memakamkan jenazah almarhum Ondofolo Boy Michael Eluay di kuburan umum Kampung Sereh, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Kamis (15/11).

Hal ini diungkapkan oleh Yanto Eluay yang merupakan adik kandung dari almahum Boy Eluay kepada wartawan di rumah duka di Kampung Sereh, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Selasa (13/11).

“Jadi kita baru selesai rapat keluarga dari tokoh adat, kepala suku di Kampung Sereh dan keterwakilan dari ibu kita dari Kampung Harapan telah memutuskan bahwa hari Kamis (15/11) akan dilaksanakan pemakaman terhadap jenazah almarhum Ondofolo Boy Eluay sekira pukul 14.00 WIT,” ungkapnya.

Dalam kematian di kampung-kampung, menurut Yanto biasanya ada momentum untuk melakukan evaluasi dan terhadap kematian Ondofolo Boy Eluay akan dilakukan pada hari Jumat (16/11) dan Sabtu (17/11). Setelah itu, pada Minggu (18/11) akan dilakukan ibadah malam penghiburan.

“Kematian sendiri memang ada hal-hal yang harus dievaluasi,” ucapnya.
Disinggung tentang pesan-pesan terakhir almarhum, Yanto menyebutkan almarhum tidak memberikan pesan-pesan khusus.

Sebab sebelum menghembuskan nafas terakhir, almarhum menurut Yanto dalam kondisi sakit kurang lebih 1 tahun.
Dari pantauan Cenderawasih Pos di rumah, sejumlah pejabat pemerintah baik di tingkat provinsi maupun pemkab Jayapura datang melayat.

Dari lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih juga datang melayat Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI, Yoshua Pandit Sembiring, Danrem 172/PWY, Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar dan Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Johanis Parinussa.

Selain itu, para tokoh adat, tokoh agama, dan keluarga besar dari almahum Boy Eluay juga melayat sekaligus menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Ondofolo Boy Eluay.

“Yang datang kita bisa lihat ada Pangdam XVII/Cenderawasih, Danrem 172/PWY, Kodim 1701/Jayapura, para ondofolo, tokoh adat, tokoh agama, dan keluarga besar kita dari pihak bapak maupun mama juga datang untuk melayat,” ucap Yanto.

Sementara itu, Danrem 172/PWY, Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar menyebutkan, dirinya bertemu dengan almarhum Ondofolo Boy Eluay sudah lama sekira tahun 2003-2004 di Jakarta dan saat itu kondisinya masih sehat.

“Sudah lama kami kenal. Setelah itu 6 bulan yang lalu saya ke sini melihat beliau sudah kurus. Dari diskusi saya dengan almarhum saat di Jakarta beliau sangat nasionalis dan saya kagum dengan cara pandang beliau,” ungkapnya.

Binsar, berharap dengan semangat yang dilakukan oleh almarhum Ondofolo Boy Eluay dan keluarga selama ini, bisa juga dirasakan oleh masyarakat secara umum di Papua ke depannya.
Selain warga yang datang melayat, cukup banyak krans bunga yang ada di rumah duka.

Krans bunga yang ada di rumah duka di antaranya dari Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Bupati Jayapura, Kapolres Jayapura, pihak BUMN/BUMD, para pengusaha di Papua, para tokoh adat, tokoh masyarakat dan berbagai ikatan organisasi yang ada di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura.(bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *