Bupati Usman Tekankan Pentingnya Pola Hidup Sehat

Tampak para  Aparat Sipil Negara ASN Pemkab Tolikara sedang mengikuti upacara peringatan hari kesehatan nasional ke 54 tahun yang dipimpin Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo di lapangan Apel Kantor Bupati Tolikara di Gurikme Karubaga, Senin (12/11).

KARUBAGA- Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo   mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional   ke 54 Tahun kali ini merupakan momentum yang baik untuk terus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya.

   “Hal ini akan terwujud apa bila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya mengubah pola hidup yang sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya hidup sehat.”ungkap Bupati Usman Wanimbo saat  upacara peringatan  Hari Kesehatan Nasional  ke 54 tahun digelar di halaman apel Kantor Bupati Tolikara di Gurikme Karubaga, Senin (12/11) kemarin

   Menurut Bupati Usman, upaya peningkatan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Germas telah diprakarsai oleh presiden republik Indonesia Joko widodo yang menjadi Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No. 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

  “Harus diakui bahwa kita masih menghadapi berbangai tantangan dan permasalahan kesehatan di Indonesia pada umumnya dan di daerah Tolikara pada khususnya dimana masih tingginya penyakit menular dan tidak menular.”ungkapnya.

  Karena itu, diingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan dan semua pihak mampu meningkatkan perilaku hidup sehat melalui sosialisasi yang kontinyu sesuai dengan potensi yang ada di tempat – tempat pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas,pustu dan Rumah Sakit Umum Daerah dan melalui akses umum lainnya.

   Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tolikara Ronal panjaitan mengatakan semua program yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan itu yang menjadi acuan kami di daerah terutama Tolikara. Saat ini program unggulan pemerintah Tolikara adalah 1000 Hari Pertama Kehidupan terus dikembangkan dan ditingkatkan di daerah – daerah,disamping itu ada program serupa VCT Mobile melayani penyakit menular dan tidak menular dengan mengkampanyekan pentingnya pola hidup sehat.

   Menurutnya selama ini Tolikara belum pernah menemukan anak gizi buruk,baik di kota maupun dipelosok – pelosok seluruh Tolikara. Keadaan ini menunjukkan kesadaran masyarakat pola hidup sehat berjalan dengan baik,kondisi ini patut ditingkatkan dan perekonomian masyarakat sangat meningkat sehingga tingkat kesejahteraan keluarga meningkat. (Diskominfo Tolikara)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *