Stok Melimpah, Harga Ikan Murah

Aktivitas jual beli ikan di Pasar Sentral Hamadi yang nampak sepi pengujung meski harga ikan murah, Sabtu (10/11) lalu.(foto :Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Stok ikan yang melimpah dan direnovasinya TPID Hamadi menyebabkan  harga ikan menjadi murah, lantaran sejak direnovasi pengunjung yang menggunakan mobil dilarang masuk.

Seorang penjual ikan di TPID Hamadi, Abas menjelaskan, dengan keterbatasan pengunjung yang masuk ke pasar, membuat pihaknya sedikit kesulitan berjualan ikan. Untuk itu harga ikan sedikit diturunkan dari harga normal guna menarik minat pengunjung berbenlaja ikan langsung ke TPID Hamadi.

“Sebelum direnovasi pengunjung lebih ramai karena banyak yang membeli ikan dalam jumlah banyak menggunakan coolbox. Namun sekarang kami agak kesulitan berjualan ikan karena jalan dan area parkir TPID sedang direnovasi,” ungkap Abas kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (10/11) kemarin.

Lanjutnya, apalagi saat ini stok ikan juga cukup melimpah, sehingga harga ikan mengalami penurunan harga seperti ikan ekor kuning Rp 40 ribu – Rp 90 ribu/ekor harga sebelumnya Rp 50 ribu- Rp 100 ribu/ekor, ikan cakalang Rp 60 ribu/ekor sebelumnya Rp 80 ribu/ekor  (ukuran besar), ikan kembung Rp 50 ribu/tumpuk (7 ekor) turun dari harga sebelumnya Rp 50 ekor/tumpuk (5 ekor) dan  ikan deho Rp 20 ribu/tumpuk.

Sementara itu, Amir seorang penjual ikan di Pasar Youtefa mengatakan, harga ikan saat ini masih dikatakan normal dan stok ikan melimpah.

“Kami mendapat pasokan ikan dari Hamadi cukup banyak hal ini juga didukung dengan cuaca yang sangat mendukung. Meski demikian untuk saat ini pembeli masih sepi karena banyak penjual ikan keliling yang menjual ikan langsung ke rumah-rumah warga,” jelasnya.

Diakui Amir, jika harga ikan mahal, konsumen lebih banyak membeli ikan langsung di pasaran dibandingkan di penjual ikan keliling. Menurutnya, harga ikan sekarang ini untuk ikan ekor kuning Rp 50 ribu – Rp 100 ribu/ekor, Ikan cakalang Rp 70 ribu/ekor, ikan deho Rp 20 ribu /4 ekor dan ikan kembung Rp 50 ribu /5 ekor. (ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *