Januari 2018,  Skuadron 27 Biak Beroperasi

BIAK-Skuadron Udara 27 Biak mulai difungsikan   Januari 2018 mendatang. Dengan begitu, maka pasawat jenis CN 235 buatan Indonesia yang akan bermarkas di Lanud Manuhua Biak itu secara bertahap juga mulai didatangkan. Tahap pertama, rencananya akan didatangkan  2– 4 unit pesawat pada bulan Januari dan selanjutnya pesawat lainnya akan didatangkan secara bertahap.

  “Januari mendatang dua pesawat sudah ada di Biak, jadi dengan begitu maka Skuadron 27 ini sudah mulai beroperasi,”   ungkap Danlanud Manuhua Biak, Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto kepada Cenderawasih Pos, kemarin.

Dalam tiga minggu terakhir ini, rehabilitasi  dan pembangunan terhadap sejumlah hanggar dan appron di Lanud Mahuhua  STAB sedang berlangsung. Direncanakan pembangunan perkantoran, perumahan atapun rehabilitasi terhadap hanggar serta aipron tuntas pada pertengahan tahun 2019 mendatang.

  Dikatakan Danlanud bahwa kehadiran Skuadron Pesawat CN 235 di Kabupaten Biak Numfor akan berdampak besar terhadap kemajuan pembangunan di wilayah Papua. Hal itu karena pesawat-pesawat tersebut juga akan digunakan untuk mendukung kelancaran angkutan udara untuk menunjang pelayanan, termasuk dalam menunjang kemajuan roda perekonomian masyarakat di Papua.

  “Pesawat-pesawat ini kan juga bertujuan untuk membantu masyarakat dan bisa mendarat di kabupaten-kabupaten yang susah dijangkau pesawat besar. Misalnya ke Tolikara, Numfor, Tanah Merah,  dan sejumlah daerah pemekaran lainnya. Intinya TNI AU siap membantu pemerintah daerah dengan kehadiran pesawat CN 235 buatan Indonesia ini,” ujarnya lagi. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *