Jalan Darat Belum Berdampak Pada Harga Sembako

Noel/Cepos
Lima truk bermuatan semen tujuan Wamena Kabupaten Jayawija, saat beristirahat di pinggir  Kali/Sungai Tekai, Kampung Usku/Numbla Distrik Senggi, Kabupaten Keerom  Jumat, (9/11).

KEEROM-Terbukanya akses jalan darat Jayapura – Wamena Kabupaten Jayawijaya, diharapkan mengurangi kesenjangan ekonomi di wilayah pegunungan. Hanya saja, untuk saat ini dampak penurunan harga Sembako belum dirasakan  masyarakat di sejumlah wilayah pegunungan Papua, khususnya di Wamena.

  Dalam perjalanan liputan di wilayah Distrik Senggi, Cenderawasih Pos sempat bertemu   rombongan truk bermuatan semen tujuan Jayawijaya, yang sedang beristirahat di  Kilometer 192, KaliTekai, Kampung Usku/Numbla Distrik Senggi yang hendak menuju Wamena.

  Menurut Sarmin, salah satu pengemudi truk tersebut,  untuk menuju Wamena  memang masih butuh waktu 3-4 hari, sesuai dengan kondisi atau beratnya medan jalan darat menuju Wamena ini.

  “Kita bisa tiba minggu depan, kami membawa semen, kalau untuk harga semen turun itu, di Yalimo boleh tapi kalau Wamena belum turun, sekalipun kita mengunakan jalan darat,” ungkapnya.

   Hal senada juga disampaikan Aldi, pengemudi truk lainnya, dimana meski sudah ada jalan dart namun harga Sembako di sejumlah daerah seperti di Puncak Jaya belum terpengaruh.  “Kita tujuan Jayawijaya,  kalau tidak ada halangan kita bisa tiga hari baru nyampe, tapi kalau ada halangan bisa lama, selanjutnya kita akan ke Puncak Jaya nya dengan truk ini juga membawa sembako, kalo harga disana tidak berubah tetap sama,” katanya.

   Dari pantauan Cenderawasih Pos hingga pukul 20.00 WIT, ruas jalan Jayapura-Wamena sekitar  Waris masihj banyak kendaraan truk dan Strada menuju Jayawijaya membawa sembako dan bahan bangunan.

   Sementara itu salah satu warga Jayawijaya, Nerius Wenda saat di hubungi via selulernua mengakui bahwa harga barang di sejumlah toko bangunan belum mengalami penurunan. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *