Surat Nikah Syarat Dasar Pembuatan Akte Kelahiran

Edi Susanto. (FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Pelaksana Tugas Sementara (Pjs) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura, Edi Susanto mengatakan, surat nikah gereja dan nikah catatan sipil dari orang tua merupakan syarat mutlak dalam pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak.

Menurut Edi, salah satu kendala dalam pembuatan akte kelahiran bagi anak-anak, karena masih banyak orang tua yang belum menikah secara gereja dan catatan sipil, sehingga hal ini menjadi kendala bagi pihaknya dalam mengeluarkan akte.

“Kesadaran masyarakat dalam membuat akte itu belum tinggi atau belum paham dan masih ada pemahaman yang keliru bahwa akte itu tidak penting. Kemudian kenapa belum bisa mencapai target yang dicapai terkait akte kelahiran, karena masih banyak pasangan atau orang tua yang belum menikah secara gereja maupun pernikahan pencatatan sipil,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan Rakor yang berlangsung di Hotel Horex Sentani, Kamis (8/11).

Untuk akte atau pencatatan sipil tadi itu merupakan syarat dasar untuk bisa dibuat dan diterbitkan akte kelahiran anak.

Tidak hanya itu, Edi menyampaikan kepada distrik, kampung, kelurahan dan RT/RW agar kalau ada yang meninggal dunia diharapkan segera melakukan pengurusan akte kematian, karena kebanyakan akte kematian ini diurus kalau yang meninggal itu ada hal-hal yang perlu diselesaikan, tapi kalau tidak ada, biasanya masyarakat tidak mau mengurusnya.

“Padahal akte kematian ini penting, karena berpengaruh dengan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Jayapura. Kalau ini tidak dilaporkan, maka kita juga tidak bisa menghapus kependudukan dan Capil. Begitupun kalau ada yang lahir tidak dilaporkan juga tidak bisa melakukan pencatatan untuk menambah,”bebernya.(bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *