Setahun, Guru SMA/SMK Belum Terima ULP-TPP

Sulo/radar Merauke
Antonio Liberto Ohoitimur, S.Pd

MERAUKE- Pemerintah Kabupateh Merauke diharapkan dapat menganggarkan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dan Ulang Lauk Pauk (ULP) bagi tenaga guru SMA dan SMK se-Kabupaten Merauke pada tahun anggaran 2019. Sebab, hingga saat ini seluruh guru SMA dan SMK di Merauke belum menerima TPP dan ULP di tahun 2018 .

“Kalau di daerah lain, para guru menggunakan kekuatan dengan melakukan aksi demo damai. Tapi, kita di Merauke tidak mungkin hal itu kami lakukan.

Karena guru ini adalah profesi yang terhormat dan orang-orang intelektual. Yang bisa kami lakukan adalah bersuara ke pemerintah daerah supaya bisa memperhatikan masalah TPP dan ULP yang memang belum kami terima, kata Ketua MKKS SMA Kabupaten Merauke Antonio Liberto Ohoitimur, S.Pd, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (9/11).

Antonio Libertor Ohoitimur menjelaskan bahwa sesuai SK Gubernur Papua Nomor 40 pada Bab IV Pasal 8 ayat (2) dan (3), disebutkan bahwa semua beban ULP dan TPP tahun 2018 dibebankan ke kabupaten dan kota. Sedangkan mulai tahun 2019, TPP dan ULP tersebut mulai dibayarkan Pemerintah Provinsi Papua.

Karena itu, kalau memang ULP dan TPP bagi guru SMA dan SMK ini belum dianggarkan di tahun 2018, maka kami mohon supaya itu dianggarkan melalui APBD 2019. Karena ULP dan TPP tersebut merupakan hak dari setiap guru yang sudah melaksanakan tugas dengan baik, jelasnya.

Diketahui, mulai Januari 2018 lalu kewenangan pengelolaan SMK dan SMK di kabupaten dan kota di Papua seluruhnya ditarik oleh Provinsi. Termasuk di Kabupaten Merauke.

Namun dengan penarikan kewenangan ini membuat ULP dan TPP Guru SMA dan SMK di Merauke dari Januari sampai November 2018 belum dibayarkan atau diterima oleh para guru tersebut.

“Kami tetap mengimbau kepada seluruh guru SMA dan SMK di Merauke untuk tetap tenang sambil kita perjuangkan hak-hak dari teman-teman guru ini, jelasnya.

Antonio Liberto menyebutkan bahwa total guru dan tenaga kependidikan SMA dan SMK di Kabupaten Merauke yang telah dilimpahkan ke Provinsi sebanyak 611 orang. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *