Penyidik Polsek Abepura Percepat Pemberkasan Tersangka MR

Hans Cepos
Tersangka MR (16) (tengah) bersama kedua rekannya MS (22),RS (18) ketika di foto dengan didampingi anggota Polsek Abepura belum lama ini.

JAYAPURA-Pihak penyidik Polsek Abepura kini mempercepat berkas perkara bagi tersangka MR (16) alias Rifky yang merupakan salah satu pelaku pembunuhan terhadap korban MS (45) seorang tukang cilok yang terjadi di depan salah satu salon Kali Acai,Jumat (26/10) lalu.

Kapolres Jayapura melalui Kapolsek Abepura,AKP,Dionisius VDP Helan,SIK ketika dikonfIrmasi membenarkan jika berkas perkara bagi tersangka MR kini harus dipercapat dan telah dikirimkan ke Jaksa Penuntut Umum untuk diteliti.

“Jadi kita telah di lakukan pengiriman berkas perkara Tindak Pidana Pembunuhan Subsider Pengeroyokan yang mengakibatkan matinya orang dengan tersangka anak yg masih dibawah umur berinisial MR (16) ke Jaksa Penuntut Umum,”ujar Kapolsek.

Sementara itu pengiriman berkas ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) tersebut dilaksanakan oleh pihak penyidik Polsek Abepura pada hari ini kamis 8 november 2018 lalu.

“Kita percepat pengiriman berkasnya ke JPU karena tersangka MR tersebut masih dibawah umur,sehingga berkasnya harus kita percepat agar Jaksa Penuntut Umum lakukan teliti kembali terhadap kasus ini,”terang Kapolsek.

Kata Kapolsek, karena tersangka MR(16) ini masih dibawah umur,maka proses penahanannya hanya dilakukan selama 15 hari,sehingga pihak penyidik harus cepat mengirimkan berkas perkaranya ke JPU dan terpisah dengan dua rekan tersanga lainnya RS alias Rio (18),MS (22).

“intinya setelah dilakukan pemberkasan karena tersangka MR masih dibawah umur,maka berkasnya di split dan dilengkapi oleh penyidik dan dilkukan pengiriman tahap 1 ke jaksa penuntut umum untk segera diteliti karena pertimbangan waktu penahanan.

Dengan tujuan agar tersangka MR segera dapat diserahkan ke Jaksa penuntut umum guna mempertanggungjwbkan perbuatannya tersebut,”terang Kapolsek.

Sementara itu Kapolsek menjelaskan tersangka MR (16) bersama kedua rekannya MS (22) dan RS (18) pada hari hari jumat tgl 26 November 2018 telah melakukan tindakan pembunuhan terhadap korban MS (45) di Depan salon Wanda Kali Acay Distrik Abepura pada Jumat(26/10) malam.

“Baik MR(16) bersama kedua rekannya MS(22),RS (18) memang akan dikenakan pasal 338 KUHP subsider 170 tentang penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,maksimal seumur hidup.

Khusus kedua rekannya MS dan RS kini berkasnya masih dalam kelengkapan dan telah dilakukan rekontruksi beberapa waktu lalu,dan kemungkinan dalam waktu dekat juga akan dikirim ke JPU,”tambah Kapolsek.(ans/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *