Masih Ada Guru Digaji 300 Ribu Perbulan

Robert Mboik/cepos
Dr.Drs.Fachruddin Pasolo, M.Si

JAYAPURA-Ketika UMP mencapai Rp 3 juta, tapi masih ada tenaga guru honor di Kota Jayapura yang digaji Cuma Rp 300 ribu per bulan. Meski begitu para guru tetap di tuntut untuk profesional, memiliki kompentensi yang baik dalam pengabdiannya.

Kepala Dinas PK Kota Jayapura Dr.Drs.Fachruddin Pasolo, M.Si mengatakan, seorang guru memang harus dituntut untuk profesional dan memiliki kompetensi. Apalagi dengan kondisi kemajuan IPTEK yang kian terbuka. Namun bukan berarti mengabaikan sisi kemanusiaannya atau kesejahteraanya.

Diakuinya, di satu sisi pemerintah memang menuntut agar kualitas pendidikan itu harus diperbaiki dan berkualitas. Akan tetapi di satu sisi juga pemerintah masih memiliki kekurangan anggaran untuk menopang kemajuan yang diharapkan itu.

“Mohon maaf saja bukan bermaksud mau membuka aib, hari ini masih ada guru yang digaji sebesar Rp 300 ribu, masih lebih besar dari saudara kita yang berprofesi sebagai pengangkut sampah,” kata Fachruddin Pasolo, di Grand Abe, Jumat (8/11) lalu.

Menurutnya, pendidikan tidak akan berjalan baik dan memiliki kualitas mutu yang baik kalau guru-guru tidak mempunyai kualitas. Untuk memajukan dunia pendidikan itu, seorang guru harus memiliki karakter.

“Karakter itu ada dua yang pertama karakter moral dan karakter kinerja. Masyarakat sekarang menuntut guru-guru itu harus memiliki kualitas yang rasional dan juga mempunyai kompetensi sosial. Itu yang diharapkan masyarakat pada guru. Guru itu sangat berat tugasnya,” tandasnya.(roy/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *