2019, Pastikan Semua Puskesmas Miliki Dokter

Khairul Lie (FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, memastikan, Tahun 2019 semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura miliki dokter.

Artinya selain petugas medis seperti suster, mantri, bidan, tapi juga harus ada dokter, sehingga pelayanan kesehatan ke masyarakat berjalan lebih efektif.

Diakui, ada beberapa Puskesmas di Kabupaten Jayapura yang belum miliki tenaga dokter, seperti Puskesmas Airu dan Puskesmas Pagai, namun pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasa.

“Tahun 2019, kita upayakan Puskesmas Airu miliki dokter, termasuk Puskesmas Pagai. Kita pastikan semua Puskesmas miliki dokter,” ujarnya kepada wartawan usai menghadiri kegiatan coffee morning yang dilakukan SAR Jayapura di Sentani, Jumat (9/11).

Untuk mengisi kekosongan dokter di dua puskesmas ini, menurut Khairul ada petugas perawat senior yang ditempatkan di sana bersama-sama dengan petugas medis lainnya.

“Saat ini juga ada dokter spesialis penyakit dalam yang pergi ke kedua Puskesmas ini, sehingga bisa menangani kasus lain seperti HIV-AIDS,” ucapnya.

Khairul menyatakan, Puskesmas Airu sudah memiliki beberapa Puskesmas Pembantu (Pustu) yang selama ini telah melakukan pelayanan secara mobile guna melayani masyarakat yang ada di kampung-kampung di Distrik Airu.

“Kita punya dua Puskesmas yang mempunyai jaringan pelayanan seperti Puskesmas pembantu. Jadi kita punya tenaga kesehatan sudah tersedia di seluruh kampung di Distrik Airu, kita punya 13 tenaga kesehatan, tinggal dokter yang akan kita isi nanti di tahun 2019,” pungkasnya. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *