Yalimo dan Pegunungan Bintang Tak Lagi Gunakan Sistem Noken

Theodorus Kossay. (FOTO : Hans Cepos)

JAYAPURA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua kini memastikan hanya tinggal 12 kabupatan di Provinsi Papua yang masih menggunakan sistem Noken pada pemungutan suara Pemilu Serentak 2019 nanti.

Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay mengakui masih ada 12 kabupaten yang masih menggunakan sostem Noken pada Pemilu Serentak 2019 yaitu Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif. Kabupaten yang masih menggunakan sistem Noken yaitu Kabupaten Yahukimo, Mamberamo Tengah, Tolikara, Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Nduga, Mambramo Raya, Intan Jaya, Dogiyai, Deiyai dan Paniai.

“Jadi dari 14 Kabupaten yang menggunakan sistem Noken di Papua, sekarang kini kita berusaha untuk lakukan penggurangan dan hanya tinggal 12 Kabupaten saja yang akan gunakan sistem Noken nanti,” ungkap Theodorus.

Dikatakan, 2 kabupaten yang tidak lagi menggunakan sistem Noken pada Pemilu Serentak 2019 yaitu Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Kedua Kabupaten ini Yalimo dan Pegunungan Bintang itu tidak menggunakan sistem Noken lagi karena sekarang ini mereka sudah menggunakan sistem pemilihan sesuai dengan ketantuan aturan yang ada,” tegasnya.

Lanjut Theodorus, sistem Noken ini memang tetap jalan  di beberapa kabupaten Provinsi Papua. Diakuinya dari sisi Undang-Undang Pemilu atau Pilkada, tidak ada disebut yang sistem Noken.Hanya saja ada pengakuan dari MK untuk sistem Noken itu diberlakukan di Papua.

Ditambahkan, dari sisi aturan memang pada Pemilu Serentak 2019, sudah harus menggunakan e-KTP. Tetapi hal ini kembali lagi dengan kultur budaya yang ada di Papua, dan Noken ini memang sudah mendapat pengakuan dari MK untuk digunakan di beberapa kabupaten di Papua.

“Intinya pada Pileg dan Pilpres nanti semua tetap berlaku pada aturan yang ada. Kita di KPU akan tetap lakukan pemantuan dari sekarang, sehingga sistem Noken di 12 kabupaten, dapat berjalan baik,”tutup Kossay.(ans/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *