Tingkatkan Pendidikan Politik, Kesbangpol Yalimo Beri Penyuluhan 

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Yalimo, Liberius Mabel S.Sos, Kepala Seksi hubungan Antar Lembaga, Malkius Walilo S.IP memberikan materi seputar gambaran umum, peta politik nasional dan daerah menjelang pesta demokrasi 2019, di Distrik Benawa, Yalimo, Senin (5/11) lalu.

JAYAPURA- Guna meningkatkan pendidikan pendidikan politik dan pembinaan bagi Kader Partai Politik (Parpol)  dan masyarakat, Kantor Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Yalimo  menggelar kegiatan penyuluhan pendidikan politik ke di Tingkat Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, Senin (5/11) lalu.

  ” Kami lakukan penyuluhan, pembinaan, pendidikan politik di distrik pada 5 November lalu bagi  lader partai dan penyelengara pemilu,” ungkap Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga Malkius Walilo S.IP saat ditemui wartawan, di Jayapura, Rabu, (7/11).

  Dikatakan, pendidikan politik itu dengan materi seputar, peta politik umum secara nasional, regional dan daerah, terutama menyelang pemilihan umum anggota legislatif tingkat daerah kabupaten/kota, provinsi dan pusat pada 7 April 2019 nanti.

  “Gambaran umum itu  disampaikan dengan pendidikan politik seputar tugas pokok, fungsi dari setiap komponen, baik itu  penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan badan pengawas pemilu tingkat distrik,” paparnya.

  Ia berharapan, semua komponen ini menjalankan tugasnya dengan baik supaya persta demokrasi dirayakan sesuai dengan produk hukum yang legal.

“Peran-peran organisasi kemasyarakat hingga kepemudaan kami tekankan,”ujarnya.

  Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Yalimo Liberius Mabel S.Sos,  menambahkan, kegiatan pendidikan politik ini demi mempertahankan situasi kondusif Kabupaten Yalimo yang sudah ada sejak kabupaten itu berdiri.

  ” Kabupaten ini tidak pernah ada gesekan lebih dalam setiap momen pesta demokrasi. Kita harus memelihara ini,”ungkap dia.

  Kata dia, memelihara keamanan wilayah dalam pesta demokrasi itu menjadi  tugas pemerintah. Dimana pemerintah wajib memberikan hak masyarakat mendapatkan pendidikan politik seputar perta demokrasi.

  ” Kami ini perpajangan tangan pemerintah dan kami wajib memberikan Pendidikan politik bagi rakyat, dengan Pendidikan politik yang ada, semua pihak distrik bisa berperan efektif menjalankan tugas dan fungsinya. Sehinggga gesekan-gesekan dihindari, Dengankita  harapan peseta demokrasi pemilihan DRP RI, DPR Provinsi, DPR Daerah, pemilihan presiden dan wakil presiden berjalan sesuai Harapan Kita semua,”ungkapnya, (oel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *