Zakius Degei: Sukseskan Musda XIV Pemuda/KNPI Papua 2018

Zakeus Degei

JAYAPURA-Musyawarah Daerah (Musda) Pemuda/KNPI Papua yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Oktober 2018 di Kota Jayapura, atau 21 hari sebelum pelaksanaan peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 yg jatuh pada tanggal 28 Oktober 2018 nanti, merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi, yang dihadiri tokoh-tokoh Pemuda Se-Provinsi tertimur ini untuk secara bersama, menyatukan visi dam persepsi dalam rangka merumuskan berbagai program, sekaligus mmbangun wawasan kebangsaan dan memilih pemimpin bagi pemuda Indonesia yang hidup dan berkarya di Tanah Papua.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) KNPI Papua Zakeus Degei, yang juga calon Ketua DPD KNPI papua nomor urut 1, Mengajak untuk mensukseskan Musda ke -14 KNPI, agar pelaksanaan Musda XIV pemuda/KNPI Papua kali ini, dilaksanakan disaat bangsa Indonesia mengalami berbagai persoalan bencana alam, yakni gempa bumi, tsunami dan lainnya, yang menuntut pemuda Indonesia khususnya di Papua untuk bangkit dalam semangat dan kesadaran sebagai anak bangsa, untuk menggugah, sekaligus mendefinisikan kembali hakekat keberadaan dan arah perjuangan masyarakat dan bangsa Indonesia, yang bermuara kepada kepentingan masyarakat luas, dan bukan ambisius atau kelompok tertentu.

“Dalam semangat dan kesadaran itu pula, secara khusus di Papua, yang baru saja melewati suatu proses pemilihan kepemimpinan secara demokrasi dan telah menetapkan bapak Lukas Enembe dan bapak Klemen Tinal untuk memimpin Provinsi ini sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, maka sebagai generasi muda yang tergabung dalam wadah pemuda/KNPI, yangg juga aadalah generasi penerus calon pemimpin bangsa di masa yg akan datang, kami diharapkan mampu melanjutkan amanat untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa,”katanya Minggu(7/10)kemarin.

Dijelaskan, sebagai pemuda yang hidup di alam demokrasi, serta tuntutan persaingan dalam era globalisasi saat ini, pemuda di tuntut untuk selalu siap bersaing dengan mengembangkan kualitas melalui peningkatan semangat, kreativitas, pola pikir, disiplin serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Esa.

Pada akhirnya, dalam pandangan-pandangan yang visioner, serta kedewasaan berpikir, di penghujung berakhirnya Otsus yg sedang dijalankan di tengah kehidupan bangsa ini akan terwujud.

“Dalam pemahaman tersebut, secara khusus kami sebagai ketua bidang Organisasi Kaderisasi & Keanggotaan DPD KNPI PAPUA ingin mengajak :
KNPI senagai wadah berhimpunnya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Potensi pemuda lainnya harus mampu mmposisikan diri dalam pemahaman / konsep dasar yg strategi, jelas & baik dgn cara penguatan struktur keorganisasian pemuda yg memiliki tataran operasionalisasi program yg terintegrasi dgn kebutuhan-kebutuhan pemuda,”ungkapnya.

Ditambahkan, sebagai wadah pemersatu, KNPI harus mampu memposisikan diri secara optimal pada batasan strategi dalam melakukan reorientasi, reaktualisasi dan revitalisasi fungsi bagi dan untuk kepentingan Pemuda di Tanah Papua.

Diakui, dalam peran partisipasinya, KNPI diharapkan mampu mmbangun komunikasi dan kerjasama dengan Pemerintah dan seluruh komponen bangsa di daerah ini, dalam rangka pembangunan daerah yang makin maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

“Siapapun yg akan di daulat dalam MUSDA XIV Pemuda/KNPI Papua untuk memimpin wadah ini, pada periode 2018-2021, diharapkan memiliki jiwa dan semangat kepeloporan yang tinggi, sebagai anak bangsa, yang senantiasa menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa serta memiliki iman dan jiwa yang takut akan Tuhan,”pintanya.

Menurutnya, dalam kepemimpinan KNPI Papua periode 2018-2021 akan diselenggarakannya PON XX tahun 2020 di Papua yang mengandung visi dan misi memmbangun harkat dan martabat masyarakat Papua, dalam bidang olah raga, sehingga, di saat ini dam kedepan nanti, pemuda di Papua diharapkan siap untuk berperan aktif merealisasikan dan melaksanakan aktifitas kepemudaan secarapositif.

Apalagi, Musda XIV pemuda/KNPI papua tahun 2018n yang dilaksanakan menyongsong 90 tahun Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018, memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia secara khusus generasi muda di Papua untuk memahami
bahwa Semangat Kepemudaan di masa lalu, telah mengantarkan bangsa ini untuk menemukan jati dirinya sebagai bangsa yang Merdeka dan Berdaulat, dari Sabang sampai Merauke.

“Mari sukseskan MUSDA XIV pemuda/KNPI Papua tahun 2018, tinggalkan pemikiran-pemikiran negatif yang bermuara kepada perpecahan pemuda. Pemuda Tangguh taat aturan, hindari keretakan pelihara kerukunan,”jelasnya.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *