ASN Papua Harus Bekerja dengan Penuh Inovasi

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto didampingi Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Aury memukul tifa saat pembukaan Semilako Tentang Inovasi dan Kepemimpinan Serta Pengembangan Kompetensi ASN untuk Pembangunan Papua di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusa (BPSDM) Papua, Kotaraja, Senin (5/11) sing kemarin. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Papua harus bekerja dengan inovasi, karena membangun Papua yang sangat luas dan penuh tantangan diperlukan manusia-manusia atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompoten dan berjiwa melayani dengan inovasi-inovasi baru.

“Papua butuh aparatur yang handal dan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan serta memecahkan persoalan yang dialami masyarakat, baik itu masalah kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan dalam semua aspek secara nasional dan global,” ungkap Gubernur Papua dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Aury, dalam kegiatan Semilako Tentang Inovasi dan Kepemimpinan Serta Pengembangan Kompetensi ASN Untuk Pembangunan Papua, di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusa (BPSDM) Papua, Kotaraja, Senin (5/11).

Menurutnya, Semilako seperti ini baru pertama kali dilakukan di Papua dengan menggabungkan atau mensinkronkan tiga topik besar, sekaligus inovasi, kepemimpinan dan pengembangan kompetensi ASN dan harus dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan dengan visi Papua Bangkit, Mandiri Sejahtera yang berkeadilan.

“Oleh karena itu, kami menempatkan peningkatan SDM Papua pada misi pertama yakni, memantapkan kualitas dan daya saing SDM di Provinsi Papua. Untuk itu, diperlukan pembangunan manusia yang inovatif dan berdaya saing.  Hal ini berlaku juga bagi kepemimpinan dan pengembangan kompetensi ASN selaku pelaksana pembangunan,” ujarnya.

  Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto saat membuka kegiatan Semilako mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi Papua. Sebagai Provinsi yang memiliki Otonomi Khusus dan posisi strategis karena berbatasan langsung dengan negara lain.

“Papua harus terus melaksanakan pembangunan diberbagai bidang untuk dapat mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Adi Suryanto menambahkan, dengan sumber daya yang melimpah, inovasi dan kepemimpinan serta pengembangan kompetensi ASN akan menjadi faktor kunci keberhasilan bagi Papua untuk terus meningkatkan daya saing daerah sehingga mampu berkompetisi baik di kancah nasional maupun global.(eri/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *