Untuk PON, Dinkes Siapkan 1500 Tenaga Perawat

drg. Aloysius Giyai (FOTO : Gratianus Silas/Cenderawasih Pos)

JAYAPURA– Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., menyebutkan bahwa 1500 tenaga perawat disiapkan pada pagelaran ajang bergengsi tingkat nasional, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dilaksanakan di Provinsi Papua pada 2020 mendatang.

“Tenaga medis yang kami siapkan tidak lain ialah dokter spesialis yang sekiranya berjumlah 45 tenaga, ditambah tenaga sub spesialis yang tentunya lebih banyak lagi jumlahnya, serta para perawat yang bisa mencapai 1500 tenaga dan ahli gizi berjumlah 2 tenaga di tiap cabor yang dipertandingkan,”ungkap  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., kepada wartawan, Minggu (4/11) kemarin.

Bukan hanya itu,  khusus untuk gizi dan nutrisi yang berhubungan dengan makanan, maka akan ditambah lagi tenaga dari Balai POM, yang tujuannya untuk memeriksa keamanan makanan. Dengan demikian, sebelum makanan yang disajikan dikonsumsi tamu undangan dan para atlet, keamanan dan higenitas makanan sudah terlebih dahulu dipastikan agar layak konsumsi.

“Tenaga-tenaga medis ini selain dari Papua, tentunya akan didatangkan pula dari daerah lain di luar Papua karena tenaga medis di Papua terbatas.  Untuk itu kami akan bangun kerja sama dengan misalnya, Pemerintah Provinsi Maluku, Sulawesi Utara atau Sulawesi Tenggara, menyangkut hal ini,” tambahnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *