Gara-gara Lilin, 20 Kios Ludes Terbakar

KEBAKARAN: Sejumlah warga saat melihat api yang mulai berkobar membakar sejumlah kios di Pasar Dolog Agats, Kabupaten Asmat, Sabtu (3/11). (FOTO : Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA-Sebanyak 20 bangunan kios milik pedagang di Pasar Dolog Agats, Kabupaten Asmat ludes dilahap sijago merah, Sabtu (3/11).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurut Kamal, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran yang diduga bersumber dari api lilin yang dipasang di salah satu kios yang ditinggal pemiliknya.

“Dari olah TKP yang dilakukan oleh aparat keamanan, api diduga berasal dari lilin yang terpasang di dalam salah satu kios yang pemiliknya sedang tidak berada di dalam kios saat kejadian,” ungkap Kamal.

Kebakaran ini menurut Kamal pertama kali diketahui salah seorang saksi yang melihat kepulan asap tebal berasal dari salah satu kios di Pasar Dolog yang diduga pemiliknya sedang berada di luar rumah. Melihat hal tersebut saksi lainnya langsung teriak kebakaran.

Tidak lama kemudian pemilik kios datang dan langsung melihat dalam rumah dan bersama warga lainnya berusaha untuk memadamkan api. “Namun api begitu cepat membakar dinding dan lantai rumah yang terbuat dari papan, sehingga api dengan cepat membakar 20 bangunan kios di dalam pasar tersebut,” jelasnya.

Tak lama kemudian kata Kamal, anggota Polres Asmat yang mendengar kejadian tersebut, bersama anggota dari TNI mendatangi tempat kejadian dan bersama warga membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Tak tanggung-tanggung Kapolres Asmat AKBP. Andi Yoseph Enoch, SIK., juga turun ke lokasi kebakaran. Api dapat dipadamkan kurang lebih 2 jam.

Terkait kebakaran ini, Polres Asmat menurut Kamal sudah melakukan beberapa tindakan, di antaranya menerima laporan, membantu warga memadamkan api, olah tkp, memasang garis polisi atau police line, meminta keterangan saksi, mendata kerugian akibat kebakaran, membuat laporan polisi.“Sementara kasus kebakaran ini telah ditangani oleh Sat Reskirm Polres Asmat,” pungkasnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *