Standarisasi Kurikulum untuk Tingkatkan Kompetensi Perguruan Tinggi

Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru, SH berbincang dengan peserta Musyawarah kerja VII Apmapi 2018 dan seminar Nasional di hotel Grand Abe, pada Jumat (2/11) kemarin.( FOTO : Takim/Cepos)

JAYAPURA– Program studi magister Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Cendrawasih (FKIP Uncen) bekerja sama dengan Asosiasi Prodi ManajemenAdministrasi Pendidikan Indonesia (APMAPI) mengadakan Musyawarah kerja VII APMAPI 2018 dan seminar Nasional di hotel Grand Abe, Jumat (2/11) kemarin.

Dalam sambutanya Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru, SH menyampaikan bahwa keunggulan suatu bangsa tidak bertumpu kepada kekayaan alam, dan yang lainya namun kualitas SDM yang memadai merupakan menjadi suatu ukuran.

Dimana mutu SDM berkorelasi dengan mutu pendidikan dengan segala komponen-komponen yang ikut berperan yakni,masukan, proses, keluaran, tenaga pendidik dan saran prasarana yang mendukung lainya.

Tentu dengan  mengadakan musyawarah kerja VII APMAPI 2018 dan seminar Nasional dengan tema “penguatan kepemimpinan dan manajemen pendidikan memasuki revolusi industri 4.0” dapat menjadi ilmu atau pengalaman baru di dunia pendidkan.

“Seminar nasional ini akan menjadi momen yang sangat baik untuk menambah wawasan dari para peserta khususnya Kampus Uncen fakultas FKIP,” ujar Wakil Walikota Jayapurakepada Cenderawasih Pos usai menghadiri pembukaan Musyawarah kerja VII Apmapi 2018 dan seminar Nasional yang di hotel Grand Abe, pada Jumat (2/11) kemarin.

Sementara itu Dekan FKIP Uncen, Nomensen Mambraku menyampaikan bahwa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeritas Cendrawasih (FKIP Uncen) sangat bersukur atas menjadi penyelenggara dalam seminar nasional APMAPI tahun 2018.

Adapun tujuan utama yang dilakukan seminar tersebut adalah memperkenalkan tehnologi pendidikan kepada peserta didik dan pengelola pendidikan di tanah papua. Di era revolusi yang semakin berkembang saat ini tentu harus bisa mengimbanginya melalui pembelajaran tehnologi yang ada saat ini.

Sementara Ketua Umum APMAPI, Prof. H. Udin Syaefudin Saud, M. Ed. Ph. D. menjelaskan bahwa, akan ada beberapa pokok yang dibahas salah satunya yakni, join riset atau join publikasi dari publikasi para dosen antara perguruan tinggi, Selain itu juga akan dibahas terkait standarisasi program mata kuliah.

“Kita sudah sepakat ada beberapa mata kulih yang standarisasinya akan sama dimanapun berada, sehingga hasil yang dikeluarkan tidak terlalu beda, baik Papua, Jakarta dan daerah yang lainya,”kata Ketua Umum APMAPI, Prof. H. Udin Syaefudin Saud, M. Ed. Ph. D.

Kemudian untuk penguatan standarisasi kurikulum, serta meningkatkan kolaborasi antar lembaga dalam peningkatan kompetensi antara perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.(kim/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *