Pedagang Wajib  Jaga Kebersihan Pasar

Sampah yang memenuhi  selokan di Pasar Youtefa Abepura,  akibat warga membuang sampah sembarangan. Tak heran jika hujan deras kawasan ini akan terendam.( FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., ,meminta kepada para pedagang di Pasar Youtefa dan Pasar Sentral Hamadi, supaya tetap menjaga kebersihan pasar. Jangan ada pedagang yang membuang sampah sembarang, terlebih dibuang langsung di dalam got yang ada di pasar.

  Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, mengaku, masih ada pedagang di sejumlah pasar, yang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga bisa menyebabkan selokan tersumbat.  “Di setiap pasar pasti sudah ada petugas kebersihannya, di sana juga ada tempat pembuangan sampah, saya minta pedagang dalam berjualan harus tahu diri, sampah  dari berjualan harus di jadikan satu dan ditaruh dengan rapi, supaya petugas kebersihan bisa mengangkut sampah dengan nyaman,’’ungkapnya, Jumat (2/11).

  Menurut Wakil, memang ada oknum warga ada yang tahu diri dalam menjaga kebersihan, ada juga yang malas tahu dalam menjaga kebersihan. Namun jika pedagang tidak mau menjaga kebersihan, dampaknya nanti yang akan merasakan orang banyak, seperti selokan mampet akhirnya pasar bau, jika hujan banjir karena banyak sampah yang menyumbat di sekolah, dan parahnya lagi nanti pasar di cap kumuh.

  Padahal ini, ulang oknum pedagang tertentu saja, namun yang merasakan orang banyak, termasuk citra pemerintah Kota Jayapura.   “Saya minta kesadaran membuang sampah ditempatnya, dilakukan juga di lingkungan pasar, karena penghasil sampah banyak salah satunya ada di pasar,’’tandasnya. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *