Triwulan III 2019, Palapa Ring Papua Terkoneksi

Denny/Cepos
Ishak Sawaki

WAMENA-Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menekankan kepada pihak ketiga yang menangani pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) untuk program Palapa Ring agar di Triwulan ketiga tahun 2019 sudah terinterkoneksi di Papua.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayawijaya Ishak Sawaki mengakui jika untuk layanan Akses interkoneksi yang sedang dikerjakan ini, khusus di Jayawijaya bakal mendapat support dari wilayah selatan sehingga masih tergantung juga dengan daerah lain.

“Tahap ini untuk Kabupaten Jayawijaya sementara mereka membangun, kita punya yang ada kampung Miami, Itlay Hisage. Kalau itu sudah selesai, mereka bergerak lagi ke Kurulu, kemudian kita rencana ada satu lagi yang ada di Distrik Trikora.” Ungkapnya, Rabu (31/10) kemarin saat ditemui di Kantor Bupati Jayawijaya
Khusus Pembangunan BTS di Distrik Trikora ini, kata Ishak Sawaki, digunakan untuk mengkoneksikan dengan yang ada di Kabupaten Nduga. Karena dalam program Palapa Ring ini, Jayawijaya mendapat akses internet itu dari Nduga, setelah dari Yahukimo.

“Dengan demikian, kita juga sangat tergantung dari Nduga, kalau kita sudah siap tetapi kalau mereka belum siap kita akan tunggu lagi.”katanya
Menurutnya, akses dari selatan ini mulai dari Kabupaten Mappi, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga dan masuk ke Jayawijaya. Dari Jayawijaya lalu akan diinterkoneksikan ke Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah dan Yalimo.

“Persiapan BTS Jayawijaya sendiri sampai sekarang kita sudah 60 persen dari proges pembangunannya,” jelasnya
Sawaki juga menegaskan mau tidak mau pada tahun 2019 sudah harus selesai karena presiden Jokowi sudah memberikan ketegasan bahwa sebelum PON 2020 Papua, seluruh akses Palapa Ring sudah harus terkoneksi.

“Jaringan Internet ini untuk membantu proses itu karena nantikan Jayawijaya juga menjadi satu daerah pelaksanaan pon. sepak bola, catur, dan tinju berarti kita juga harus sediakan fasilitas TIK untuk menunjang itu.”tegasnya Kadis Kominfo.(jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *