Lusa, Retribusi Parkir Berlangganan Diberlakukan

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Tegai Bersama salah satu pegawai Bappenda Kabupaten Jayapura, saat memegang stiker retribusi parkir berlangganan, usai sosialisasi retribusi parkir di Aula Kantor Bupati Jayapura, Senin (29/10). (FOTO : Yewen/Cepos)

SENTANI- Dalam rangka mengefektifkan kembali pembayaran retribusi parkir kendaraan roda dua dan roda empat di jalan umum yang ada di Kabupaten Jayapura, maka Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura pada 1 November 2018 akan mulai memberlakukan pembayaran parkir berlangganan di setiap kendaraan roda dua dan empat.

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Theopilus Tegai, mengatakan, pemberlakuan retribusi parkir ini merupakan tindaklanjut dari UU No 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Setelah itu, ditindaklanjuti oleh Pemkab Jayapura dalam bentuk Perda No 8 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum yang di dalamnya ada retribusi parkir di tepi jalan umum.

“Sesuai dengan kerja sama yang dilakukan, mulai 1 November 2018 ini parkir berlangganan akan dilayani secara langsung oleh UPTD Samsat Sentani, khususnya untuk Kabupaten Jayapura,” ungkapnya kepada wartawan, usai sosialisasi mengenai retribusi parkir berlangganan di Aula Kantor Bupati Jayapura, Senin (29/10).

Menurut Theopilus, sosialisasi yang dilaksanakan ini sebagai bagian dari informasi yang disampaikan kepada pemilik kendaraan roda dua dan roda empat, baik plat hitam dan plat merah mulai November ke depan ketika melakukan pembayaran pajak kendaraan di UPTD di Samsat Sentani yang berada di Doyo, maka akan dikenakan retribusi parkir kendaraan.

“Khusus untuk roda empat tarifnya per tahun Rp 120 ribu , sedangkan untuk roda dua per tahun Rp 50 ribu. Tinggal nanti kita sesuaikan dengan jumlah kendaraan yang ada di Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

“Nanti kendaraan roda dua dan roda empat yang sudah membayar, diberikan stiker untuk ditempelkan di kendaraannya, sehingga saat parkir nanti tidak perlu ada pungutan lagi oleh juru parkir,” tambahnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan di daerah dalam bentuk pembayaran retribusi dan pajak melalui UPTD Samsat Sentani. Karena apa yang dibayarkan oleh masyarakat untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *