DP3AKB Siap Bentuk Peta Penyebaran HIV-AIDS

JAYAPURA- Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluar­ga Berencana (DP3AKB) Provinsi Papua, Anike Rawar, menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Papua belum memiliki peta penyebaran HIV-AIDS. Hal inilah yang kemudian membuat DP3AKB akan membentuk peta penyebaran HIV-AIDS yang dimaksud.

Diketahui bahwa hal ini merupakan gagasan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang dikemukakan pada suatu kegiatan yang juga melibatkan DP3AKB, yakni kegiatan Pengarustamaan Gender dan HIV-AIDS.

“Apresiasi diberikan bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sebagai pelak­sana tugas di daerah, Pemerintah Provinsi Papua, secara khusus DP3AKB menin­daklanjuti hal ini dalam penjabarannya, hingga ke 29 kabupaten/kota di Pro­vin­si Papua,” ungkap Anike Rawar kepada Cenderawasih Pos, Senin (22/10) kemarin.

Rawar membeberkan bahwa sebagian Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) merupakan perempuan dan anak. Tidak heran jika kemudian DP3AKB bertanggung jawab untuk ikut ambil bagian dalam menangani hal tersebut.

“Ini menjadi rencana strategi kami untuk lima tahun ke depan. Di periode kedua kepemimpinan Lukas Enembe dan Klemen Tinal sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. Dalam kerja yang dilakukan, tentunya kami tidak sendirian, melain­kan ikut melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta stakeholder lainnya, termasuk LSM yang memiliki jaringan kuat dan bersentuhan langsung dengan ODHA,” tandasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *