Jumlah OAP Port Numbay 2,84 Persen

Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM. (FOTO : Priyadi/cepos)

Port Numbay Nikah dengan Port Numbay Akan Diberikan Insentif

JAYAPURA-Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, saat ini jumlah penduduk Orang Asli Papua Port Numbay hanya 2,84 persen, dari total penduduk di Kota Jayapura atau hanya ada 11.949 jiwa yang tersebar di  5 Distrik.

     “Paling banyak penduduk OAP Port Numbay ada di Distrik Abepura sebanyak 4.573 jiwa, disusul dengan Distrik Jayapura Selatan 2.340 jiwa,  kemudian Distrik Heram 2.222 jiwa, Distrik Muara Tami 1909 jiwa,  dan paling terendah di Distrik Jayapura Utara hanya 905 jiwa,’’kata Kadispendukcapil Kota Jayapura Dr.Merlan S.Uloli, SE.,MM., kepada Cenderawasih Pos,  belum lama ini.

  Menurutnya, data tahun 2018 ini ada peningkatan jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana jumlah penduduk Port Numbay yang OAP hanya 2,56 persen dari total penduduk Kota Jayapura.

Sementara itu Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM.,akan membuat Perda lagi tentang Perlindungan OAP Port Numbay, dimana tujuannya agar OAP Port Numbay keberadaannya masih banyak tidak semakin berkurang termasuk nama-nama marga yang ada di 14 Kampung, 12 Keondoafian.

  ‘’Untuk melindungi OAP Port Numbay baik secara marga, maupun jumlahnya, saya akan buat Perda tahun 2019, tentang perlindungan OAP Port Numbay, dimana dalam Perda ini, bagi OAP Port Numbay yang menikah sama-sama OAP port numbay akan diberikan insentif,”katanya kepada wartawan, Kamis(25/10).

  Dijelaskan, tujuan dibuatkannya Perda ini supaya marga OAP Port Numbay masih eksis, dan selalu bisa didengar dimasyarakat contohnya marga Mano asal Kampung Tobati, Marga Puy dari Kampung Kayu Batu dan lainnya. Jika marga OAP Port Numbay ini masih, tentu kearifan lokal baik itu bahasa daerah, lagu daerah, tari-tarian, kesenian ukir, kuliner OAP Port Numbay dan lainnya masih bisa sering didengar dan dijumpai.

  ‘’Saya masih mempertahankan kampung ditengah-tengah perkembangan zaman, terlebih ada di Ibu Kota Provinsi Papua dan dalam visi misi saya, karena saya sebagai anak asli Port Numbay tahu jati diri saya, dan tetap ingin menjaga kearifan lokal saya maupun masyarakat saya sendiri, mari OAP Port Numbay dukung saya dalam membangun Kota ini dalam moto yang saya buat,’’tandasnya. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *