FPPMJ Pertanyakan Bantuan Rastra yang Terhenti

DCIM100GOPROGOPR0097.JPG

Gratianus Silas/Cepos
Aksi demonstrasi dilakukan massa yang tergabung dalam Forum Peduli Pembangunan Masyarakat Jayawijaya (FPPMJ) di halaman kantor DPR Papua, Kamis (25/10) kemarin.

JAYAPURA- Aksi demonstrasi dilakukan massa yang tergabung dalam Forum Peduli Pembangunan Masyarakat Jayawijaya (FPPMJ) di halaman kantor DPR Papua, Kamis (25/10) kemarin. Dipimpin Yafet Hubi selaku Koordinator Demonstrasi, massa yang berjumlah kurang lebih 50 orang ini menuntut agar  DPR Papua memberikan perhatian terhadap kasus penyelewengan Beras Raskin/Rastra yang sudah 7 bulan lamanya tidak lagi didistribusikan pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

   “Kami menduga adanya permainan di lingkungan Pemkab Jayawijaya, terlebih soal bantuan beras ini. Jangan sampai ada permainan dalam pendistribusian Beras Rastra yang bagi masyarakat Jayawijaya,” ungkap Yafet Hubi, Kamis (25/10) dalam orasi kemarin.

   Artinya, kalau memang tidak lagi memberikan bantuan Beras Rastra seperti biasanya, maka setidaknya Pemkab setempat diminta untuk menyampaikan penyebabnya kepada masyarakat setempat yang biasa mendapatkan bantuan.

  “Adik-adik kita di Panti Asuhan dan Asrama di Jayawijaya itu sudah 7 bulan tidak mendapatkan bantuan Beras Rastra. Padahal sebelumnya itu mendapatkan bantuan seperti biasanya. Nah, hal inilah yang kemudian dipertanyakan,” tambahnya.

   Sebagai perpanjangan tangan masyarakat Papua terhadap pemerintah, DPR Papua, bersama Polda Papua dan Kejati Papua, diminta menangkap oknum yang bermain dalam pendistribusian beras yang dilakukannya, untuk kemudian diperiksa sesuai mekanisme hukum yang berlaku.

  “Bukan  apa, sebab, sejak bantuan ini tidak lagi berjalan, dampaknya cukup signifikan, yang mana menyebabkan adik-adik kami yang tinggal di asrama maupun panti asuhan ini turun ke jalan dan mengemis. Itu yang terjadi. Inilah yang harus dipertanggungjawabkan Pemkab setempat,” jelasnya.

   Emus Gwijangge, Anggota Komisi I DPR Papua, yang juga berasal dari dapil Jayawijaya, meminta agar soal pemberian Beras Rastra yang menjadi kebijakan Pemkab Jayawijaya ini segera diselesaikan. “Oleh sebab itu, soal Raskin/Rastra ini, kami harap segera diselesaikan secara baik oleh Pemkab Jayawijaya,” ujar Emus Gwijangge saat menerima aspirasi demontran bersama anggota DPR Papua lainnya.

  “Saya kira ini kebijakan bupati setempat, sehingga harus terus diperbantukan untuk didistribusikan ke masyarakat. Jangan malah disalahkangunakan hingga diperjualbelikan, melainkan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebab, bantuan ini menjadi kebutuhan dari pada masyarakat yang benar-benar sangat membutuhkannya,” pungkasnya. (gr/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *