Berhasil Turunkan Angka HIV-AIDS

drg. Aloysius Giyai, M.Kes

JAYAPURA-Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., menyebutkan bahwa Kabupaten Merauke sangat luar biasa dalam menekan angka penularan HIV-AIDS di daerahnya.

Hal ini tentunya tidak lepas dari kinerja Pemerintah Kabupaten Merauke, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terkait Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Merauke dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta stakeholder lainnya yang terlibat.

“Kabupaten Merauke menempati urutan ke-5 kabupaten di Papua terkait dengan HIV-AIDS. Dulu mereka di urutan pertama, namun dengan kinerja luar biasa dalam 10 tahun belakangan, mereka mampu menurunkan angka penularan HIV di daerahnya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., kepada Cenderawasih Pos, Minggu (21/10) kemarin.

Seperti diketahui, sebut Giyai, daerah dengan tingkat HIV-AIDS paling tinggi tidak lain ialah Kabupaten Nabire, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke.

“Sekali lagi, Merauke ada di urutan ke-5. Artinya, melalui inovasi dan kiat-kiat yang mereka buat, akhirnya tingkat penularan HIV-AIDS di daerahnya itu menurun sangat drastis,” tambahnya.

Hal ini perlu diapresiasi, sebab, menurut Giyai, menurunkan angka penularan HIV-AIDS salah satunya dilakukan dengan membangun kemitraan dan kolaborasi kerja dengan pemangku kepentingan lainnya di bidang HIV-AIDS. “Soal HIV-AIDS ini, perlu keterlibatan semua pihak, termasuk LSM dan pihak gereja,” pungkasnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *