ASN Ikut Caleg Harus Mengundurkan Diri

Christian Sohilait 

JAYAPURA-Sehubungan dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif 2019, Pemkab Lanny Jaya telah mengeluarkan surat dimana Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkeinginan masuk sebagai anggota legislatif harus diberhentikan.

“Baik dia kepala kampung, ASN murni atau kepala kantor, mereka harus segera mempersiapkan administrasi yang berkaitan dengan pemberhentian. Karena Komisi Pemilihan Umum mengamanatkan bahwa harus diberhentikan dari pegawai negeri sipil maka kita sudah imbau,” ungkap Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait, kepada Cenderawasih Pos baru-baru ini.

Sekda Christian Sohilait mengaku belum tahu pasti jumlah ASN di lingkungan Pemkab Lanny Jaya yang masuk calon legislatif.

Namun terkait hal ini, Sohilait mengaku telah membuat surat dari bupati sesuai aturan yang berlaku.

“Suara Bupati kami sudah buat dan ini merupakan aturan nasional sehingga semua yang masuk Caleg harus diberhentikan dari jabatan,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh ASN Lanny Jaya agar tetap mengacu pada Undang-Undang ASN untuk menjaga netralitas dalam proses pemilihan legislatif dan presiden 2019 mendatang.

“Kalau ada 5 orang yang masuk sebagai Caleg dari satu kampung, kita biarkan mereka bertarung dan tidak perlu lagi melakukan intervensi. Saat ini kita jaga stabilitas supaya pembangunan itu jalan dan Pemilu Legislatif bisa berjalan dengan aman. Siapapun yang terpilih dia adalah anak asli Lanny Jaya karena tidak ada satupun orang dari luar,” tambahnya. (oel/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *