Pedagang Pasar Youtefa Tetap Harus Diatur

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., didampingi Kepala Pasar Youtefa Abepura, Jefri Dawir saat memantau pedagang di Pasar Youtefa Abepura, Rabu (10/10). (FOTO : Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Pedagang yang berjualan di Pasar Youtefa Abepura tetap harus diatur kembali agar bisa lebih tertib dalam beraktivitas. Selain itu, penataan tersebut juga untuk membuat kondisi pasar lebih indah dan nyaman.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., saat memantau kondisi Pasar Youtefa Abepura, Rabu (10/10).

“Pedagang harus diatur tempatnya dengan baik. Untuk yang pedagang sayur harus dengan pedagang sayur dan buah dengan pedagang buah. Jangan pedagang jualan tidak tertib dan kelihatan tidak teratur,” ungkap Rustan Saru kepada wartawan usai memantau kondisi Pasar Youtefa Abepura bersama Kepala Pasar Youtefa Abepura Jefri Dawir.

Selain harus mau diatur oleh pemerintah, pedagang menurut Rustan Saru juag wajib menjaga kebersihan pasar. Dirinya mengingatkan agar pedagang tidak membuang sampah di sembarang tempat termasuk di saluran air.

“Termasuk jika ada keluhan soal pasar entah itu soal tarikan retribusi atau lainnya, harus disampaikan langsung dengan kepala pasar, jangan ke orang lain,” pintanya.

Pasar Youtefa Abepura menurut Rustan Saru untuk sementara masih akan digunakan. Pasalnya rencana untuk memindahkan pedagang ke Pasar Youtefa Kotaraja belum bisa dilakukan karena fasilitas dan sarana pendukung di pasar yang baru belum lengkap.

Dari hasil pantauannya, Rustan Saru menilai kondisi Pasar Youtefa Abepura masih semraut. Selain pedagang yang tidak tertib berjualan, dirinya melihat aktivitas tukang ojek di pasar juga perlu diatur. “Mereka harus diatur dengan baik pos ojeknya dan dipisahkan dengan parkiran kendaraan pengunjung pasar umum. Saya juga minta kepala pasar buat papan nama jualan para pedagang dan memberikan nomor, sehingga pengunjung yang berbelanja bisa tahu dan enak dalam mencarinya barang yang akan dibeli,” pungkasnya. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *