Pencaker Capai 7.009 Orang

Takim/Cepos
Plt. Sekda Kota Jayapura, Dr.  Frans Pekey, MSi didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerjan Kota Jayapura, Djoni Naa, SE,MSi  saat membuka kegiatan pelatihan ketrampilan bagi para pencari kerja di Grand Abe Hotel, Rabu (10/10).

JAYAPURA- Plt. Sekda Kota Jayapura, Dr.  Frans Pikey, M. Si mengatakan bahwa, keahlian dan keterampilan bagi setiap tenaga kerja merupakan nilai jual atau kapasitas yang harus  dimiliki dalam bekerja baik di pemerintahan maupun di swasta.

   Menurutnya, jumlah pencari kerja  yang tercatat di Kota Jayapura tahun 2018 mencapai 7.009 orang  dimana jumlah tersebut terdiri dari pencari kerja laki-laki sebanyak 3.321 orang dan   perempuan sebanyak 3.688  orang.

  “Tentu jumlah ini tidak sedikit, dan menjadi perhatian kita semua terutama pemerintah, bagaimana mengurangi jumlah pencari kerja yang ada di kota jayapura tersebut, dan salah satu upayanya dalah melalui pelatihan terhadap pencari kerja  tersebut, “ujar Frans Pikey saat mewakili Wali Kota membuka kegiatan pelatihan tenaga kerja di Grand Abe Hotel, Rabu (10/10).      

   Dengan memiliki keahlian dan menjadi tenaga kerja yang produktif dan mempunyai penghasilan sendiri, maka diharapkan bisa mengurangi angka penggangguran di Kota Jayapura. Termasuk mengurani  kesenjangan sosial dan bisa memberikan dampak kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya Kota  Jayapura.

   Diakui bahwa saat ini  jumlah lapangan kerja tidak seimbang dengan jumlah pengangguran yang kian membludak dan tidak teratasi.  Untuk itu, sangat diperlukan upaya menciptakan lapangan kerja sehingga bisa mengatasi persoalan penganguran di kota Jayapura.

  “Jika ketidak seimbangan persoalan tersebut   tidak diatasi, pasti akan menimbulkan persoalan yang panjang,”ujarnya.

  Untuk itu, pihaknya merespon positif Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura mengadakan pelatihan keterampilan komputer dan pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri pola pendampingan tahun 2018 yang berlangsung di Hotel Green Abe, pada Rabu (10/10). (kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *