Pilih Pemuda yang Bersih, Jangan Pakai Politik Uang!

Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal saat  membuka kegiatan Musda ke-14 DPD KNPI Provinsi Papua di Hotel Metta Star Waena, Senin  (8/10). (FOTO: Takim/Cepos)

JAYAPURA- Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal mengharapkan agar  pemimpin KNPI Provinsi Papua Periode 2018-2021 adalah sosok pemuda yang bersih dan tidak mengunakan segala cara termasuk politik uang untuk jadi pemimpin. Selain itu, juga harus  memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam mendukung program KNPI Papua yang lebih maju lagi.

“Pemimpin  pemuda itu ha­rus bersih, dan harus mempunya kemampuan untuk membuat sebuah perubahan dan juga bisa mendorong para pemuda di negeri ini khususnya di Papua lebih berperan dalam membaguna negeri,”kata Klemen Tinal saat menghadiri Musda yang ke-14 DPD KNPI Provinsi Papua ,   di Hotel Meta Star Waena, Senin (8/10).

  Program KNPI diharapkan harus saling mendorong atau bersinegri dengan pemerintah daerah  untuk sejalan dan searah. Melalui kegiatan musda, kata Klemen, para pemuda harus menunjukkan bagaimana cara berdemokrasi yang sesungguhnya. Apalagi dalam KNPI berhimpun seluruh organisasi kepemudaan yang tentunya mempunyai tujuan dan kepentingan yang beragam.

   Klemen berharap, Pemuda yang terpilih selain mempunyai jiwa kepemimpinan yang bersih juga tegas , harus berjiwa besar, sabar tidak emosional dan berani mengakui kesalahannya dan bisa tunjukan mental yang betul betul jiwa kepemudaan yang sesunguhnya.

  Salah satu peran yang harus diamanati oleh KNPI Papua adalah menjadikan masyarakat Papua menjadi prioritas. Dimana dengan jumlah pendudk yang kalah jauh dari daerah-daerah yang lain, namun dengan kualitas yang sangat baik tentu akan membuat orang lain jadi segan.

   Klemen juga berharap KNPI bisa berperan dan mendukung suksesnya PON Papua, baik melalui sukses prestasi , sukses tuan rumah.

   Ketua umum DPP KNPI Pusat  M, Rifai Darus mengatkan bahwa dari berbagai wilayah dan daerah dalam rangka pemilihan ketua KNPI cuma Papua yang  melakukan debat kandidat ketua KNPI.  8 kandidat yang terdaftar sebagai Calon ketua KNPI Provinsi Papua Periode 2018-2021 merupakan sebuah bukti nyata  kontribusi dan peran pemuda di Papua dalam pembagunan di tanah papua.

  “Saya sangat berharap dengan semangat dan motivasi para kandidat diharapkan bisa membawa perubahan baik untuk masyarakat, pemerintah maupun kejayaan KNPI wilayah Papua,” jelas   Rifai Darus.

    Seperti diketahui ada delapan kandidat yang bakal bersaing dalam bursa pemilihan Ketua DPD KNPI Provinsi Papua berasal dari berbagai suku di Papua antara lain; Zakius Degei,George Kaiba, Yulianus Dwaa, Alberth Wanimbo, Thomas Sondegau, Nason Utty, Tanto Yelepele dan Alberth Abi.

  Ketua Panitia Musda, Frangklin E Wahey dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Musda sedianya dilaksanakan di wilayah Mee Pago, namun dipindahkan ke Jayapura. Pembukaan Musda yang akan berlangsung dari 8-10 Oktober ini, dihadiri oleh Ketua DPP KNPI Pusat, Rivai Darus bersama sejumlah pengurus pusat, Ketua DPD KNPI Papua, Max Olua dan jajaran, para perwakilan dari 29 DPC dan pimpinan OKP se-Papua.(kim/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *