Gubernur Minta Presiden Alihkan Dana Otsus Infrastruktur

Gubernur Papua,Lukas Enembe ketika berbincang dengan Wakil Gubernur,Klemen Tinal disela-sela pencanangan PON di halaman Kantor Gubernur belum lama ini. (Hans Cepos)

JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua melalui Gubernur,Lukas Enem­be meminta Presiden Joko Widodo dan juga Menteri Keuangan, supaya dana infrastruktur dari Otonomi Khusus (Otsus) bisa dialihkan untuk mendukung pembangunan Venue PON XX tahun 2020.

“Memang dalam aturannya tidak ada dana infrastuktur Otsus untuk pembangunan infrastuktur PON. Tetapi kami minta agar dana Otsus ini bisa dialihkan untuk mendukung pembangunan venue olahraga PON 2020,”ungkap Gubernur Lukas.

Kata Lukas, selama ini Pemerintah Provinsi Papua memang tidak bisa memakai dana Otsus ini ke kegiatan yang lain,tetapi harus sesuai peruntukannya yang tertera dalam aturan yang ada.

“Hanya saja kami meminta kepada Presiden untuk memerintahkan kepada Menteri Keuangan untuk bagaimana kita pakai dana Otsus khusus infrastruktur ini mendukung pembangunan venue-venue untuk kepentingan PON 2020,”ujar Lukas.

Sementara itu terkait permintaannya tersebut, Presiden Joko Widodo menerima semua usulan itu,termasuk Presiden juga memberikan dukungan serta suport untuk kesuksesan PON 2020 di Pa­pua.

Lukas juga mengakui telah melaporkan persiapan pelaksanaan PON 2020 di Papua, dimana pihaknya telah menyampaikan mengenai progresnya hingga kekurangan dan beberapa hal lainnya.

“Untuk progresnya sejauh ini khusus pembangunan Stadion Utama Papua Bang­kit sudah mencapai 75 persen,dan beberapa venue yang perlu kami bangun sudah kami laporkan kepada Presiden Jokowi,”ucap Lukas.

Jadi prinsipnya selain mengusulkan penerimaan CPNS secara offline, pihaknya juga melaporkan terkait PON 2020 di Papua.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *