Pemprov Tangani  Mahasiswa Papua  Korban Bencana di Palu

Sejumlah mahasiswa asal Papua yang kuliah di Palu yang     dievakuasi BPBD Provinsi Papua dan tinggal di Hotel Delilah Makasar, Sabtu (6/10). Rencananya mereka Senin (8/10) malam ini akan pulang ke Papua. (Dok BPBD Papua for Cepos)

JAYAPURA-Menyikapi laporan adanya sejumlah mahasiswa/i Papua yang kuliah di Palu, yang turut menjadi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami, langsung disikapi oleh Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua. Bahkan, sejumlah mahasiswa/i telah dievakuasi keluar dari  daerah bencana di Palu.

  Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Papua Welliam R Manderi, SIP, MSi, mengungkapkan bahwa sesuai petunjuk Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH dan perintah Sekda Drs Hery Dosinaen, MKP, pihaknya telah mengirimkan dua orang staf BPBD untuk mengurus dan mengevakuasi mahasiswa/I asal Papua ini, keluar dari  Palu ke Makassar dan selanjutnya dipulangkan ke Papua.

“Ada dua staf saya, yakni Jimmy Karubaba dan Muhamad Sandy, yang kita tugaskan untuk mengevakuasi mereka dari Palu,” ungkap William R Manderi saat bertandang ke redaksi Cenderawasih Pos, Minggu (7/10) tadi malam.

  Menurut William Manderi, dari data Program ADIK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua tahun 2016, tercatat ada 44 mahasiswa/mahasiswi yang kuliah di Kota Palu. Namun dari laporan yang diterimanya, ada 20 orang mahasiswa Papua yang sudah dievakuasi dari Palu menuju Makasar, Sabtu (6/10) lalu. (Data selengkapnya lihat tabel)

  “Selain dari Papua, juga ada beberapa mahasiswa dari Papua Barat, rencananya mereka akan pulang ke Papua, Senin (8/10) malam,”ungkapnya.

  Selain 20 orang tersebut, memang masih ada mahasiswa Papua di Palu, yang sementara berada di Poso sebanyak 5 orang, dan Toli-toli 1 orang. Sementara dua orang mahasiswa lainnya, sudah lebih dulu pulang ke Jayapura  dan Biak. Welliam menegaskan bahwa dari laporan yang diterimanya, tidak ada mahasiswa/I asal Papua yang mengalami luka. “Meski tidak ada yang korban atau luka, tapi rata-rata mereka mengalami trauma dan shock akibat kejadian gempa dahsyat yang baru pertama mereka rasakan,”tuturnya.

Untuk penanganan lebih lanjut, terkait dengan pendidikan atau kuliah mereka, Welliam mengaku akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan intansi terkait lainnya, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua, termasuk petunjuk dari Gubernur dan Sekda Papua. “Yang jelas sesuai perintah bapak Gubernur  kita tangani dulu upaya tanggap darurat dengan mengevakuasi atau memulangkan mereka, kembali ke kabupaten/kota masing-masing di Papua,”jelasnya.

Selain itu, dari pertemuan Gubernur dan Bupati/wali kota di Jakarta, pekan kemarin, juga telah disepakati untuk memberikan bantuan baik berupa uang tunai maupun bantuan logistic yang dibutuhkan masyarakat di Palu dan Donggal yang terkena bencana. “Kita juga akan kirim tim kesehatan dan relawan untuk membantu korban bencana di sana,”pungkasnya.   (tri)

Daftar Mahasiswa/I Papua yang Sudah Dievakuasi dari Palu

No. Nama  Asal Daerah

  1. 1. Herina Femi Asmuruf Serui
  2. 2. Dora Anggriani Marani Serui
  3. 3. Elisbeth Hulda Nanlohi Timika
  4. 4. Desira Tabuni Nduga
  5. 5. Kaleng Gwijangge Nduga
  6. 6. Ekiles Tabuni Nduga
  7. 7. Yusak Tebai Dogiyai
  8. 8. Anselmus Iyai Dogiyai
  9. 9. Kowesa Kogoya Nduga
  10. 10. Andianus Wasyangge Nduga
  11. 11. Esti Kogoya Nduga
  12. 12. Isije Himiyangge Nduga
  13. 13. Soni Syabor Jayapura
  14. 14. Gerson Akihari Teminabuan, Papua Barat
  15. 15. Robinson Akwan Wondama, Papua Barat
  16. 16. Andriani Kareth Maybrat Papua Barat
  17. 17. Jenisia Paulina Homba Homba Fak Fak, Papua Barat
  18. 18. Alfania Barbalina Kalami Sorong, Papua Barat
  19. 19. Anselma Salomina SA Yumame Sorong, Papua Barat
  20. 20. Lidia Antoh Maybrat, Papua Barat

Daftar Mahasiswa yang Belum Dievakuasi

No Nama Asal Posisi

  1. 1. Reiland Karubaba Jayapura Poso
  2. 2. Sealtiel Kbarek Biak Poso
  3. 3. Yustinus Nambagani Intan Jaya Poso
  4. 4. Frans Elopere Intan Jaya Poso
  5. 5. Fikramsyah Fak Fak, Poso
  6. 6. Analius Gwijangge  Wamena Palu
  7. 7. Crhistien Aldeway Ramandey Jayapura  Toli-toli

Dua Mahasiswa di Poso yang sudah Pulang Lebih Dulu

  1. 1. Yesaya Warisu  Jayapura
  2. 2. Riko Awom Biak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *