Jaga Keamanan Butuh Peran Serta Masyarakat

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin beserta rombongan melakukan kunjungan kerja dalam rangka bakti sosial ke masyarakat di Daerah  Perbatasan RI-PNG di Distrik Sota, Sabtu (6/10). (FOTO: Humas )

MERAUKE- Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin melakukan kunjungan kerja dalam rangka bakti sosial di Daerah  Perbatasan RI-PNG, tepatnya di Kantor Polsek Sota, Sabtu (6/10).

Turut hadir dalam kegiatan  tersebut, Dir Intel Polda Papua Kombes Pol  Patrige Renwarin, Dir Reskrimum Polda Papua, Kombes Tony Harsono, Dir Binmas Polda Papua, Kabid Propam Polda Papua, dan Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung serta Ketua Bhayangkari Cabang Merauke Ny. Sandra Bulan Marpaung.

Dalam bhakti sosiai ini Kapolda mengharapkan peran serta masyarakat menjaga keamanan, khususnya di daerah perbatasan dan terlebih khusus untuk kasus yang paling menonjol di daerah perbatasan adalah kasus Narkotika, sehingga perlu adanya  sinergitas antar  instansi terkait,  baik itu  Imigrasi Bea cukai dan TNI /Polri.

“Kepada Orang Asli Papua (OAP) diberikan peluang  dari Polri Khususnya Polda Papua untuk merengkrut Putra/Putra Asli Papua mengikuti seleksi Bintara maupun AKPOL, sehingga perlu peran serta orang tua dan lembaga adat dan pemuka agama untuk memberikan pendidikan yang baik bagi anak -anak Asli Papua,” jelasnya.

Diharapkan Dinas Pendidikan juga memberikan pemahaman kepada orang tua khususnya OAP untuk menyekolakan anak –anaknya. Sementara itu untuk Dinas Pendidikan diharapkan juga memerangi penyakit manular dan pentingnya sosialisasi kesehatan bagi masyarakat Asli Papua.

Sementara itu, Kapala Kampung Sota Adolof Mbagu mengatakan,  keamanan di Kampung Sota yang dibangun melalui Polmas, namun banyak kendala yang dihadapi khususnya pengaruh minuman keras bagi masyarakt asli Papua.

“Masyarakat Kampung Sota bersyukur atas telah dibangunnya sarana dan prasana  Balai Forum Kemitaran Polisi dan Masyarakat,”tandasnya.(fia/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *