Bisa Menjalin Sinergi dan Hindari Kesalahpahaman dalam Tugas   

Kapolsek Jayapura Utara, AKP R Roberth Awek saat menyuapi salah satu anggota Bhabinsa Koramil 1701/02 Jayapura Utara, dalam kunjungannya mengucapkan selamat HUT ke-73 TNI, Jumat (5/10). (FOTO : Elfira/Cepos)

Dari Peringatan HUT ke -73 di Wilayah Kota Jayapura

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Jayapura Papua, pada Jumat (5/10) kemarin. Hanya saja, moment peringatan HUT TNI ini terasa istimewa,karena tidak hanya TNI saja yang merayakan, namun mitra kerja, yakni Polri ikut memberikan ucapan selamat.

Laporan: Elfira_Jayapura

Saling memberikan ucapan selamat saat merayakan ulang tahun, nampaknya mulai menjadi tradisi di sejumlah instansi TNI Polri di wilayah Kota Jayapura. Bila beberapa waktu lalu, saat HUT Bhayangkara, dari pihak TNI memberikan ucapan selamat dengan mengantarkan kue ulang tahun ke Polres Jayapura, maka kali hal serupa juga dilakukan sebaliknya, dari pihak Polri ke TNI.

   Jumat (5/10) pekan kemarin, sejumlah markas TNI “diserbu” oleh sejumlah anggota polisi. Mereka datang dengan membawa tumpeng dan kue ulang tahun ke markas TNI, yang menjadi rekan kerja dalam menciptkan suasana keamanan dan ketertiban  yang kondusif. Sebut saja, Kapolres Jayapura AKBP Gustav Urbinas yang memimpin “Penyerbuan’ ke markas kodim.

  Tidak hanya itu, jajaran Polsek di wilayah Polres Jayapura juga melakukan hal serupa. Polsek Abepura “menyerbu” Koramil Abepura, Polsek Jayapura Selatan ‘menyerbu” markas marinir Lantamal X Jayapura dan Koramil Jayapura Selatan, begitu juga dengan Polsek Jayapura Utara juga mendatangi Koramil Jayapura Utara.

  Dari pantauan Cenderawasih Pos, nyanyian selamat ulang tahun, spanduk bertuliskan selamat ulang tahun TNI ke 73, tumpeng diboyong ke Koramil 1701/02 Jayapura Utara oleh Anggota Polsek  Jayapura Utara, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Jayapura Utara, AKP Robert Awek.

   Pagi sekira pukul 09.00 Wit, Koramil  1701/02 Jayapura Utara  yang berlokasikan di Jalan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara diributkan dengan nyanyian selamat ulang tahun dari anggota Polsek Jayapura Utara yang berjumlah sebanyak 30 personel.  Kedatangan  para anggota Polsek Jayapura Utara itu disambut hangat, senyum serta pelukan  oleh Danramil 1701/02 Jayapura Utara, Kapten Inf Sostenes Penasifu bersama 29 anggotanya. Ini menunjukan TNI-Polri kompak.

   Sostenes Penasifu mengaku, selama ini TNI dan Polri saling menghormati serta menghargai. Ia pun menaruh harap ke depan TNI dan Polri tetap kompak, tidak ada ego sektoral melainkan saling menghargai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

  “Bagi kami, keamanan dan ketertiban di masyarakat yang utama, maka TNI dan Polri tetap membangun sinergitas untuk mewujudkan itu,” ucapnya.

   Terkait sebuah  hadiah dalam  bentuk tumpeng, bingkai foto  memuat foto Bhanbinkamtibmas dan Babinsa saat berada di lapangan bekerja secara bersama-sama  diserahkan langsung oleh Kapolsek terhadap Danramil. Tujuannya, memberikan  satu energi penyemangat untuk tetap kompak.

  “Bentuk perhatian ini menjadi penyemangat untuk menjaga kekompakan yang solid bagi anggota TNI-Polri, agar tidak ada kecemburuan dan hal lain dalam melaksanakan tugas di lapangan. Melainkan menjadi satu dalam kesatuan,” ungkapnya.

  Kapten Inf Sostenes Penasifu mengaku, ini kali pertama  Koramil 1701/02 Jayapura Utara didatangi rekan mereka dari Polsek Jayapura Utara. Bersilaturahmi sekaligus memberikan ucapan selamat ulang tahun ke 73.

  “Momen ini harus dimaknai, sehingga kedepan tidak ada lagi salah paham hingga percekcokan sesama anggota. TNI-Polri harus bersatu dalam melaksanakan tugas,” paparnya.

    Sementara Kapolsek Jayapura Utara, AKP R Roberth Awek mengaku kunjungannya pagi itu  ke Koramil Jayapura Utara untuk silaturahmi sekaligus mengucapkan dirgahayu kepada TNI yang ke 73.Kunjungannya itu merupakan bentuk solidaritas dan  kebersamaan. Diharapkan bisa mendorong adanya sinergitas dalam melaksanakan  tugas di lapangan ,terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di wilayah Jayapura Utara.

  “Kedepan, adanya hubungan kekeluargaan antara TNI-Polri dalam melaksanakan tugas. Sama- sama mengabdi kepada nusa  dan bangsa, terutama di wilayah kita papua, khususnya di Jayapura Kota,” ucap Robert.(*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *