Terdaftar Sebagai Caleg, Kepala Kampung dan ASN akan Diberhentikan

Denny/ Cepos
 Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo

WAMENA–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya telah menyiapkan SK pemberhentian kepala kampung dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah terdaftar di KPU sebagai calon legislatif pada Pileg 2019 mendatang.

Bupati Jayawijaya, Jhon Wempi Wetipo menegaskan, untuk kepala kampung yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) pasti akan diberhentikan dari jabatannya sebagai kepala kampung. Dari awal saat kepala kampung tersebut mendaftar sebagai Caleg tidak berkoordinasi dengan bupati dan saat ini telah dikeluarkan Daftar Calon Tetap (DCT) dari KPU Jayawijaya sehingga konsekuensinya akan diberhentikan.

“Yang jelas kepala kampung yang menjadi Caleg akan diganti, karena ini sudah sesuai aturan yang ada, sesuai data kami, dua kepala kampung yang telah ditetapkan sebagai Caleg,”tegas Bupati Jayawijaya saat ditemui di Gedung Ukumiarek Asso, Kamis (4/10) kemarin.

Sama halnya dengan Caleg yang berasal dari ASN. Pihaknya juga akan memberhentikan statusnya sebagai ASN di lingkungan Pemkab Jayawijaya, pengunduran dirinya sudah masuk.

“Tanpa mengajukan pengunduran diri, Pemkab tetap akan mengambil langkah untuk melakukan pemberhentian baik kepala kampung maupun ASN, ini konsekuensi pencalonan sebagai Caleg,”kata Wempi Wetipo.

Ia menambahkan, dalam aturan sudah jelas, seorang ASN tidak boleh menjadi Caleg, kalau tetap ingin menjadi Caleg maka harus diberhentikan sebagai ASN.(jo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *