Dukung Pencegahan Korupsi, Pemprov Sosialisasi ASB dan SHS

Asisten Bidang Perekonomian Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Noak Kapisa usai membuka kegiatan sosialisasi  Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS) di Jayapura, Selasa (2/10). (FOTO: Hans Cepos)

JAYAPURA-Untuk melakukan pencegahan terhadap korupsi di Papua, Pemerintah Provinsi Papua melakukan sosialisasi Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS) di Swissbel Hotel, Selasa (2/10).

“Ini merupakan salah satu program 100 hari kerja Bapak Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Wagub, Klemen Tinal di periode kedua kepemimpinannya, yaitu memastikan implementasi e-Government terintegrasi dan berjalan baik,”ungkap Asisten Bidang Perekonomian Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Noak Kapisa usai membuka kegiatan sosialisasi  Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS) di Jayapura, Selasa.(2/10).

Kata Noak, sosialisasi ini dianggap penting sebagai upaya percepatan pelayanan pemerintahan, peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam mendukung pencegahan korupsi di Papua.

Sementara itu implementasi e-Government di Provinsi Papua telah diapresiasi oleh KPK, dimana proses perencanaan dan penganggarannya Provinsi Papua menjadi yang terdepan.

“Saat ini Provinsi Papua membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk mendukung prioritas pembangunan yang dicanangkan seperti pelaksanaan PON XX tahun 2020,”ujar Noak.

Lanjutnya, penyusunan perencanaan kebutuhan anggaran khususnya program dan kegiatan harus dipastikan lebih tepat, efektif dan efisien. Pasalnya dengan efisiensi rencana penggunaan anggaran sejak awal, maka akan meningkatkan kualitas perencanaan dan pemenuhan anggaran bagi program/kegiatan prioritas daerah.

‘’Untuk mewujudkan kualitas perencanaan penganggaran daerah, maka dibutuhkan Analisis Standar Belanja (ASB) dan Standar Harga Satuan (SHS) yang menjadi alat untuk memfilter perencanaan anggaran, program dan kegiatan, agar terstandar sesuai target kinerja output yang direncanakan,’’jelasnya.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *