Waspadai Kemacetan Akibat Perbaikan Jalan Alternatif

Tampak jalan alternatif skyline menuju jalan alternative Rumah sakit Bhayangkara, yang akan ditutup minggu depan, karena dilakukan perbaikan jalan. (FOTO: Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Ruas jalan alternative dari Skyline menuju Waena saat ini telah ditutup, sejak Senin (24/9) malam dan ditargetkan selesai 35 hari.  Dua minggu pasca ruas jalan itu, giliran jalan alternatif Skyline menuju RS Bhayangkara juga akan ditutup total.

  Penutupan kedua ruas jalan alternative ini, tentunya berdampak pengalihan arus lalu lintas ke ruas jalan Entrop-Abepura-Waena. Bila tidak diantisipasi dengan baik, dikhawatirkan akan memperparah kemacetan arus lalu lintas yang selama ini sering terjadi di kawasan Entrop, Abepura maupun Padang Bulan.

Terkait potensi kemacetan arus lalu lintas ini, Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM mengaku  telah meminta   Satlantas Kota Jayapura, melalui pos polisi terdekat supaya menurunkan anggotanya mengatur lalulintas di jalan, bersama Dinas Perhubungan Kota Jayapura.   

“Memang dampak penutupan jalan alternatif, ada jalan titik-titik tertentu mengalami kemacetan, seperti di depan CV Thomas Entrop termasuk di Uncen dan Padang Bulan. Namun kita harap kepada pengendara untuk memaklumi hal ini, karena saat ini sedang dilakukan perbaikan jalan. Dan diharapkan bagi masyarakat yang kerja di kantoran atau karyawan yang masuk pagi, bisa datang lebih awal lagi untuk menghindari kemacetan,’’katanya kepada   Cenderawasih Pos, Jumat (28/9)kemarin.

Ditambahkan, untuk solusi lain, ia minta kepada sopir angkutan umum dalam menurunkan penumpang atau mengambil penumpang harus melihat   situasi dan kondisi jalan. Jangan dipaksakan saat arus lalu lintas sedang ramai tetap berhenti, hal ini tentu akan semakin menambah penumpukan kendaraan di jalan.

Untuk itu, diharapkan semua komponen masyarakat harus bisa membantu, baik sopir angkutan umum, masyarakat pengguna kendaraan umum, maupun pengendara lainnya. Sebab,  jika sama-sama bisa saling mengerti tentu kemacetan bisa diminimalisir, apalagi ada petugas yang diturunkan di jalan, tentunya jalan tetap lancar.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *