Pembangunan Tower Jaringan Serat Optik Hampir Rampung

Beberapa pekerja saat melaksanakan pembangunan tower jaringan serat optik di Distrik Dekai, Rabu (24/9).  (FOTO: Diskominfo Kabupaten Yahukimo for Cepos)

DEKAI-Pembangunan tower jaringan serat optik di Distrik Dekai hampir rampung. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Yahukimo, Yahik Suhuniap menyebutkan, realisasi pembangunannya mencapai 95 persen.

“Pembangunannya sisa finishing dan akhir bulan ini diharapkan rampung,” ungkap  Yahik Suhuniap dalam release yang diterima Cenderawasih Pos dari Diskominfo Kabupaten Yahukimo, Jumat (28/9).

Dikatakan, Distrik Dekai ibukota Kabupaten Yahukimo dibangun sebanyak  2 NOC dan 4 site. Dimana NOC Dekai pembangunannya telah mencapai 90 persen sedangkan site 13 di kampung Keyke sudah mencapai 95 persen.

Yahik Suhuniap mengatakan, rekanan yang membangun kedua tower tersebut menargetkan pekerjaannya rampung akhir September ini. Dari pantauannya di lapangan, saat ini sudah memasuki tahap finishing yaitu pemasangan panel solar sel dan dooring genset yang sesuai target rampung awal Oktober 2018.

“Untuk NOC Dekai tahapan pengerjaanya sudah mencapai 90 persen, dan ditargetkan selesai akhir bulan ini. Saat ini masih menunggu kekuranagn material dari Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Terkait pembangunan NOC C13 di Kampung Keike, Yahik Suhuniap mengatakan, prospeknya sama dengan NOC Dekai yaitu hampir rampung dan mencapai 95 persen. Namun di NOC C13 untuk pemasangan dooring genset dan solar panel masih menunggu jaringan dari  pihak PLN.

Ditambahkan, setelah pembangunan 2 NOC dan 4 site di Dekai rampung, pihaknya akan melanjutkan pembangunan untuk NOC Sumohai di Distrik Holuwon dan 4 site di distrik lainnya yang menghubungkan Kabupaten Jayawijaya. “Tim sondir dari PT. Cenderawasih sudah melakukan sondir di lokasi pembangunan 3 site tower dan 1 NOC,” tambahnya.

Dengan kondisi cuaca saat ini sering hujan, maka pembangunan 3 site dan 1 NOC, menurut Yahik Suhuniap, diharapkan bisa dimulai Oktober nanti. “Saat ini material pembangunan 3 site dan 1 NOC masih berada di Dekai dan tinggal menunggu helikopter untuk mengangkut material berupa besi, semen dan material pendukung lainnya ke lokasi pembangunan di daerah pedalaman,” pungkasnya. (Diskominfo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *