2.300 Nelayan Lokal Diasuransikan

BIAK- Pemkab Biak Numfor memberikan perhatian serius terhadap perlindungan nelayan yang setiap harinya berada di laut mencari ikan. Tak tanggung-tanggung, 2.300 nelayan lokal ini telah diasuransikan oleh Pemkab Biak Numfor.

Adanya peningkatan jumlah nelayan yang mendapatkan asuransi itu, karena pada 2018 ini pemerintah kembali memberikan tambahan 500 nelayan untuk diasuransikan. Pemberian asuransi itu hanya difokuskan bagi nelayan lokal dan program itu sudah digulirkan sejak 2016 lalu.

“Setiap tahunnya memang ada penambahan bagi nelayan yang diasuransikan, Tahun 2018 ini ditambah 500 orang sehingga jumlahnya telah mencapai 2.300 yang diasuransi,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Biak Numfor Efendi Irigisa, S.Pi, MM saar dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Jumat, (28/9).

Dikatakan, dengan pemberian asuransi nelayan itu maka diharapkan pekerjaan nelayan sehari-hari dengan mencari ikan di laut dapat terlindungi dengan baik. Kebijakan itu juga diambil dalam rangka memberikan proteksi terhadap keberadaan nelayan lokal, khususnya di Kabupaten Biak Numfor.   

            Asuransi nelayan itu dapat diperoleh ketika terjadi kecelakaan akibat kerja ataupun tidak, maupun biaya pengobatannya. “Jadi tanggungan perlindungan asuransi jika nelayan mengalami cacat permanen dan meninggal dunia,” jelasnya.            Pemberian asuransi nelayan itu diatur dslam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan nelayan.(itb/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *