Siap Fungsikan Danau Sentani jadi Sumber Air Minum

Danau Sentani yang akan difungsikan oleh PDAM Jayapura sebagai salah satu sumber air minum di Kota dan Kabupaten Jayapura, Selasa (25/9). (FOTO: Yewen/Cepos)

SENTANI- Untuk mengatasi semakin berkurangnya sumber air minum di Kota dan Kabupaten Jayapura, maka Danau Sentani kedepan akan difungsikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi berkurangnya debit air dan pasokan air bagi masyarakat di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Kepala PDAM Jayapura, Entis Sutisna, SE, MM, mengungkapkan bahwa untuk mengatasi berkurangnya debit air dan pasokan air kepada masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura, maka pihaknya akan segera memfungsikan air Danau Sentani sebagai salah satu sumber air di Jayapura.

“Jadi melalui Danau Sentani inilah yang diperkirakan 1110 ribu liter perdetik ini bisa menyuplai kebutuhan masyarakat Kota dan Kabupaten Jayapura,” ungkapnya kepada wartawan di aula lantai dua Kantor Bupati Jayapura, Senin (24/9) lalu.

Kata Sutisna, untuk pemanfaatan danau sentani sebagai sumber air minum sendiri sudah ada solusi dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, diharapkan hal ini bisa menambah kapasitas pasokan sumber air minum yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura. “Kita walaupun nanti dihibahkan dari pemerintah pusat kepada PDAM sebagai operator, maka kita akan produksi untuk mendukung daripada kapasitas yang ada,” katanya

Dia menyatakan apalagi ini pengelolaan air baku, sehingga pasti pengelolaan akan mahal. Hal ini yang menjadi satu tantangan buat PDAM, karena kontribusi pemerintah pusat terutama perhatian kepada pemanfaatan Danau Sentani sebagai sumber air minum masyarakat, maka hal ini akan berakibat kepada biaya operasional yang cukup tinggi, apalagi ini menggunakan sistem pengolahan.

“Air baku Danau Sentani sudah dipastikan bahwa layak untuk dikonsumsi, karena yang merencanakan dan mendesainnya dari Balai Sungai Provinsi Papua, tetapi studi-studi kelayakan sudah dilakukan dan PDAM sebagai operator nantinya terhadap air danau sentani harus dihasilkan air sesuai dengan standar kesehatan yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Dia menyatakan dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang, maka diharapkan pada tahun 2020 nanti air baku dari danau sentani bisa difungsikan, sehingga bisa menambah pasokan dan distribusi air untuk PON dan juga dapat mengatasi pasokan air bagi warga masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *