Penyerapan Anggaran Sudah Capai 68 Persen

Muhammad Musa’ad (gratianus silas/cepos)

Hans Cepos
Muhammad Musaad

JAYAPURA-Kepala Badan Perencaan dan Pembangunan Daera (Bappeda) Provinsi Papua,Muhammad Musaad menyampaikan bahwa penyerapan anggaran di Provinsi Papua saat ini sudah mencapai 68 persen.

“Sampai akhir tahun kami berharap bisa mencapai target maksimal. Sekarang OPD yang ada lagi mengejar untuk mempercepat semua proses penyerapan anggaran mereka,”ungkap Musaad.

Menurut Musaad, keterlambatan penyerapan anggaran ini memang ada beberapa kendala, karena ada beberapa kegiatan dan program di OPD yang masih dalam proses berjalan.

Selain itu juga ada penagihan dari beberapa kegiatan yang baru bisa diproses,tetapi yang jelas semua OPD lagi fokus bagaimana penyerapan anggaran bisa mencapai target di akhir tahun ini. Paling tidak bisa mencapai 90 persen.

“Di bulan September 2019 ini sudah mencapai 68 persen dan kami harap di akhir tahun mencapai 90 persen. Memang ada beberapa tagihan dan distribusi dana Otsus khusus infrastuktur tahap dua baru dalam proses dan dalam satu dua hari sudah didistribusikan ke kabupaten/kota,sehingga kalau ini sudah dilakukan maka penyerapan anggaran bisa meningkat lagi,”terangnya.

Lanjut Musaad, beberapa waktu lalu juga telah dilakukan rapat bersama OPD dipimpin langsung oleh Sekda dan Kepala OPD yang berkomitmen mempercepat penyerapan anggaran.

Ditanya soal penyerapan anggaran di Dinas PU yang masih rendah, Musaad mengaku,khusus di Dinas PUPR karena sebagian kegiatan terlambat proses tender.

“Sekarang penyerapan anggaran di sana sudah sedikit meningkat, setelah ada tagihan-tagihan kegiatan terutama infrastuktur sudah terbayarkan.Hanya saja memang ada kendala  karena ada beberapa kegiatan yang mungkin tidak bisa dipaksakan untuk dikerjakan di tahun ini dan yang jelas sesuai aturan maka dananya dikembalikan ke kas daerah,”tambah Musaad.(ans/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *