Melihat Operasional Bandara Sentani Setelah Menambah Jam Operasional

Aktivitas penumpang di Bandara Sentani, Selasa (25/9) kemarin. (FOTO : Yohana/Cepos)

Siap Beroperasi 24 Jam, Airlines Belum Manfaatkan Penambahan Jam Operasioanl

Bandara Sentani siap beroperasi malam hari, namun masih terkendala conneting pesawat ke bandara-bandara  kecil dan juga cuaca di Papua yang tidak menentu. Hal ini harus diantisipasi bersama, jangan sampai mengabaikan faktor keselamatan.

Laporan: Yohana-Sentani

Sudah hampir  tiga bulan aktivitas jam operasional di Bandara Sentani ditambah. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kota maupun Kabupaten Jayapura, dimana aktivitas di Bandara Sentani dari semula hanya dibuka pukul 06.00 WIT pagi hingga 18.00 WIT  malam, kini ditambah menjadi pukul 05.00 WIT-20.00 WIT.

Kepala Bandara Sentani, Antonius Widyo Praptono mengatakan, sebenarnya Bandara Sentani sudah siap melayani penerbangan 24 jam sejak 3 bulan lalu, namun sampai saat ini pihak bandara masih menunggu permintaan airlines untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pihak bandara sangat memahami betul kondisi cuaca di Papua yang sering sekali berubah-ubah. Mungkin inilah yang menjadi salah satu faktor utama mengapa para airlines belum siap memanfaatkan waktu operasional di Bandara Sentani yang sudah siap beroperasi 24 jam.

‘’Aktivitas keberangkatan dan kedatangan pesawat yang paling terasa pada saat pukul 06.00 WIT -11.00 wit. Dimana pada saat tersebut tidak ada waktu yang kosong,  semua slot time penuh, namun selebihnya aktivitas di Bandara Sentani kembali normal.

Dengan kesiapan saat ini, pihaknya juga dalam waktu dekat akan, menerima pesawat asing yang merupakan tamu-tamu negara PNG dalam rangka kegiatan APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) yang akan dilakukan PNG.

Pesawat-pesawat asing tersebut merupakan tamu kenegaraan PNG yang parkir di Bandara Sentani dan beberapa bandara lainnya di Papua seperti Biak, Merauke dan Timika.

Hal tersebut dikarenakan lahan parkir pesawat di PNG tidak muat untuk menampung banyaknya pesawat dari berbagai negara yang akan datang ke PNG guna mengikuti kegaita APEC tersebut.

Ditambahkan Antonius,. pesawat-pesawat yang   parkir ini tidak akan menggangu aktivitas di Bandara Sentani dan pihaknya akan mengatur dan menyesuaikan kebutuhan mereka dengan potensi yang ada di Bandara Sentani saat ini. “Kami pada dasarnya sudah sangat siap dan kami sangat mendukung kegiatan APEC tersebut,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah sangat siap jika ke depan pemerintah mengupayakan  penerbangan Jayapura-PNG maupun PNG – Jayapura yang mana baik fasilitas yang dibutuhakan sudah sangat siap hanya pelaksanaan imigrasi yang perlu dioperasikan kembali.

Dengan kondisi Bandara Sentani saat ini, yang perlu diperhatikan bagi pengguna jasa bandara baik para pengunjung mapun penumpang agar dapat menjaga kebersihan di Bandara Sentani, terutama dalam membuang sampah pada tempatnya. semua untuk kenyaman bersama dalam memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *