Kunjungi Biak, Wamenlu Jepang Merasa Terharu

Plt. Bupati Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd ketika menyerahkan cinderamata kepada Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Masahisa Sato, dalam acara ramah tama di Asana Hotel, Senin (24/9) malam. (FOTO: Fiktor Palembangan/Cepos)

BIAK-Kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Jepang, Masahisa Sato ke Kabupaten Biak Numfor adalah kunjungan luar negeri perdananya sejak menjabat sebagai Wamenlu. Bahkan Masahisa Sato mengaku kunjungannya ke Biak itu cukup istimewa. Tak hanya karena kunjungan perdananya, namun penyambutan luar biasa dari Pemkab Biak Numfor dan masyarakat, termasuk semua unsur pimpinan daerah.

 “Saya terharu dengan kondisi Biak, potensi pariwisata dan perikanan cukup menjanjikan. Daerah ini cukup kaya raya akan kekayaan alam, dan memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa,” kata Sato dalam sambutannya pada acara ramah tamah di Asana Hotel, Senin (24/9) malam.

Dalam kunjungan luar negerinya ini Sato bersama rombongan tidak hanya melakukan pertemuan resmi  dengan Pemkab Biak Numfor dan jajaran Forkopimda termasuk unsur pimpinan TNI-Polri, namun juga melakukan serangkain kunjungan ke sejumlah lokasi termasuk ke wilayah kepulauan.

Adapun sejumlah titik yang dikunjungi antara lain, Goa Jepang (Goa Binsari), Monumen Perang Dunia II di Paray, mengunjungi dan mengelilingi Kepulauan Aimando dan Padaido serta sejumlah kegiatan lainnya. Dalam kunjungan itu, Wamenlu Jepang ini merasa cukup terharu.

 Selama satu hari di Biak, Sato yang didampingi pula oleh tim dari Kedubes Jepang di Indonesia dan Kemenlu Indonesia menutup rangkaian kegiatannya dengan ramah tamah dengan Forkopimda. Dalam acara itu, Sato dan rombongan disuguhkan tari-tarian adat Papua.

Dalam acara ramah tama itu, Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd., menyerahkan cindera mata berupa plakat Pemkab Biak Numfor dan sejumlah lainnya, demikian halnya sebaliknya diserahkan cindera mata dari Pemerintah Jepang.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa kunjungan Masahisa Sato bersama dengan sejumlah rombongannya itu merupakan bagian dari kunjungan kerja ke Kabupaten Biak Numfor bertujuan meningkatkan hubungan bilateral dengan Pemerintah Indonesia khususnya Provinsi Papua dan Kabupaten Biak Numfor.

“Kerja sama Indonesia dan Jepang sudah berjalan dengan baik, dan kunjungan ini tentunya bertujuan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah salah satunya Kabupaten Biak Numfor. Saya berharap kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan bilateral kedepan,” ujarnya.

Dikatakan bahwa sejumlah kerja sama yang sudah berjalan baik selama ini seperti repatriasi (pengembalian) kerangka tentara Jepang yang gugur saat Perang Dunia II dapat diperluas ke bidang lain seperti,  pendidikan, sektor kesehatan,  perhubungan udara, perikanan, pariwisata dan sejumlah lainnya.

Kabupaten Biak Numfor dan Jepang dinilai memiliki hubungan historis tersendiri, khususnya terkait dengan Perang Dunia II. Dimana, tidak kurang dari 6.000-an tentara Jepang gugur di Biak pada saat Perang Dunia II itu, sehingga kerangka tentara Jepang di wilayah Biak diyakini masih banyak..

 Sementara itu, Plt. Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si, M.Pd berharap kunjungan Wamenlu Jepang ini menjadi momentum dalam meningkatkan hubungan kerja sama, khususnya lagi dalam mendukung kemajuan pembangunan yang lebih baik kedepannya.

 “Jadi kunjungan kerja Wamenlu Jepang ke Indonesia khususnya Biak Numfor dapat menjadi momentum kerja sama dalam membangun daerah menuju perubahan yang lebih baik. Kita akan terus membangun komunikasi supaya kerja kedepan ditingkatkan,” kata Herry Ario Naap saat menerima rombongan Wamenlu Jepang di Guest House, kemarin.

Bersama dengan rombongan yang dibawa ke Biak, Masahisa Sato melakukan sejumlah rangkaian agenda di Biak.  Setelah melakukan tatap muka dengan Pemda Biak Numfor dan Supiori, dilanjutkan dengan kunjungan ke Goa Jepang, dan malamnya dilakukan acara ramah tamah di Asana Hotel.

Dalam acara tatap muka itu dihadiri jajaran Komandan TNI/Polri di Biak, diantaranya Panglima Kosek Hanudnas IV,  Kepala Staf Koopsau III, Dandrem 173/PVB dan sejumlah lainnya.(itb/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *