100 Hari Kerja Bupati Ham Pagawak

Gubernur Lukas Enembe,SIP,MH saat menyematkan tanda pangkat dan jabatan kepada Bupati R. Ham Pagawak di Sasana Krida Kantor Gubernur, Senin (249).

Fokus Penerimaan CPNS, Konferensi GIDI, Pilpres dan Lanjutkan Program Pembangunan

JAYAPURA-Gubernur Lukas Enembe, SIP,MH secara resmi melatik R. Ham Pagawak, SH,MSi sebagai Bupati Mamberamo Tengah dan Yonas Kenelak, S.Sos sebagai wakil bupati periode 2018-2023 di Sasana Krida Kantor Gubernur, Senin (24/9) lalu.

Paska dilantik gubernur, Bupati Mamberamo Tengah R. Ham Pagawak bersama wakilnya akan fokus menyelesaikan beberapa agenda besar yang sudah di depan mata dalam seratus hari kerja mereka memimpin kabupaten Mamberamo Tengah.

Beberapa ageda besar tersebut antara lain penerimaan CPNS yang mulai membuka pendafataran pekan depan, Konferensi Gereja GIDI  di Bokondini medio November mendatang, menyukseskan pemilihan legislatif dan pilpres termasuk melanjutkan program-program pembangunan yang sudah dibuat pada periode pertama.

“Ini yang menjadii agenda kami dalam 100 hari kerja ke depan dalam memimpin Kabupaten Mamberamo Tengah,” ujar Bupati R. Ham Pagawak di Jayapura, Selasa (25/9) malam.

Bupati Ham, untuk penerimaan CPNS sistem online, Kabupaten Mamberamo Tengah mendapat kuota 279 CPNS untuk formasi gabungan umum, pendidikan dan kesehatan.

“Untuk kuota 279 ini akan diutamakan kepada anak-anak asli Mamberamo Tengah dan anak-anak asli Papua, sisa untuk formasi yang memang tidak ada anak Papua, baru dibuka untuk saudara-saudara yang lain. Saya sudah lapor ke gubernur kalau saya akan prioritaskan untuk adik – adik dari Papua dan Mamberamo Tengah” katanya.

“Dengan sistem yang ada jika dibuka secara umum bisa diprediksi banyak anak -anak kita yang korban.” Tambahnya.

Langkah ini dilakukan agar, anak-anak Papua bisa ikut bersaing dalam penerimaan CPNS kali ini sehingga banyak yang lolos, sebab berkaca pada penerimaan CPNS sistem online seperti waktu penerimaan IPDN beberapa waktu lalu yang mana hanya 4 anak Papua yang lulus.

Bupati Ham mengaku, pada prinsipnya mendukung sistem penerimaan CPNS secara online sehingga anak – anak Papua harus belajar agar lebih maju dalam menguasai teknologi.

Untuk menujang pelaksanaan CPNS, pihaknya akan menyediakan fasilitas penunjang seperti jaringan internet dan komputer. Tes pun akan dilakasanakan di Kobakma, walau pendaftar bisa mendaftar di luar Kobakma. “Tes ini kan perkawasan dan kami Mamberamo Tengah minta sendiri dan telah menyurat ke Menpan, belum tau disetujui namun kami sudah sediakan fasilitas..

Selain fokus pada penerimaan CPNS, menurut Bupati Ham, salah satu agenda besar lainnya adalah pelaksanaan Konferensi GIDI yang akan dilaksanakan di Bokondini pada 20 November. Rencananya Konferensi akan dibuka oleh Menteri Agama RI dan diikuti oleh peserta dari Papua, luar Papua, bahkan dari luar negeri.

“Semua fasilitas kami sudah bangun seperti rumah misi, lapangan untuk pembukaan, dan sarana lainnya untuk menyukseskan Konferensi GIDI ini, secara umum persiapan sudah mencapai mencapai 95 persen,” ujarnya.

Dia menjelaskan agenda berikut adalah menyukseskan pelaksanaan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden. “Ini adalah agenda nasional yang juga menjadi tanggungjawab daerah, maka wajib bagi daerah untuk menyukseskan agenda nasional itu,” katanya.

Bupati Ham menuturkan, dari tiga agenda itu, masih ada satu lagi yakni  melanjutkan program-program di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian yang sudah dibuat pada lima tahun pertama.

“Kita masih fokus kepada pembangunan infrastruktur daerah seperti jalan, karena masyarakat bisa dibangun hanya degan akses jalan dibuka, disitu juga akan ada pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

“Kami juga akan mengenjot pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian rakyat sebagaimana diamantakan dalam undang-undang Otonomi Khusus,” tambahnya.

Bupati Ham mengaku, pihaknya juga akan menata wajah ibu kota kabupaten, agar menjadi lebih baik lagi dari yang ada saat ini, sebab ibu kota merupakan wajah suatu kabupaten.

Pada kesempatan itu, dia juga meminta dukungan dari seluruh rakyat Mamberamo Tengah untuk memberikan dukungan kepada dirinya bersama wakil dalam membangun kabupaten ini dalam lima tahun ke depan.

“Dukungan dari seluruh rakyat sangat kami butuhkan, untuk bersama-sama dan bergandengan tangan membangun kabupaten kita yang tercinta ini,” imbuhnya. (luc/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *