Pelaku Pungli adalah Oknum, Bukan Institusi

Dr. Ribka Haluk (gratianus silas/cepos)

Gratianus Silas/Cepos
Dr. Ribka Haluk

JAYAPURA- Berkaitan dengan ditangkapnya oknum ASN yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli Polda Papua di Sentani beberapa waktu yang lalu, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil (Kadinsosdukcapil) Provinsi Papua, Dr. Ribka Haluk, mengatakan bahwa kalau memang kedapatan oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan seperti itu, memang harus diproses secara hukum.

“Kita sampaikan bahwa pelakunya ini oknum, bukannya institusi yang melakukan pungli. Sebab, aturannya untuk mengeluarkan e-KTP dan lainnya itu tidak dipungut biaya. Semua kepala dinas di tingkat kabupaten/kota tahu bahwa institusi itu tidak ada pungutan,” ungkap Dr. Ribka Haluk kepada Cenderawasih Pos via telepon, Rabu (19/9) kemarin.

Menyikapi hal ini, Kadinsosdukcapil Ribka Haluk pun siap membentuk tim khusus untuk melakukan pengecekan langsung terkait kasus pungli yang dilakukan di Kabupaten Jayapura tersebut. “Benar dan tidaknya (pungli, red) itu nanti kita akan klarifikasi melalui tim khusus yang kami bentuk untuk melakukan pengecekan kasus ini,” tambahnya.

Kebetulan di Kabupaten Jayapura itu perekamannya targetnya lebih. Kemudian, Kepala Dinas Dukcapilnya pun masih dijabat oleh Asisten Pemerintah Kabupaten Jayapura. “Demikian, kami imbau juga supaya adanya pejabat pengganti yang mengisi posisi Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura yang sementara memang lagi kekosongan jabatan ini,” pungkasnya. (gra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *