Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintah Harus Dilakukan

Priyadi/Cepos
TANDATANGAN MoU: Sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Jayapura saat menandatangani MoU dengan LAN RI di aula Sian Soor kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (21/9).

JAYAPURA-Setiap pemerintah daerah (Pemda) harus melakukan akselerasi  inovasi tata kelola pemerintah, dalam rangka meningkatkan daya saing daerah.

Hal ini ditegaskan Deputi Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr. Tri Widodo Wahyu, SH., MA., saat menghadiri penandatanganan MoU Pemkot Jayapura dengan LAN RI serta launching inovasi tata kelola pemerintahan di aula Sian Soor kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (21/9).

Dikatakan, ada 5 sumber inovasi yang diciptakan dalam pemerintah daerah yaitu dari kepala daerah, DPRD, OPD. ASN, dan masyarakat. Untuk itu, LAN RI menurut Tri Widodo mencoba memfasilitasi untuk memastikan adanya inovasi yang dibuat oleh OPD dan ASN yang ada di lingkungan Pemkot Jayapura.

“LAN RI sangat menyambut baik, semangat dan motivasi yang dilakukan Pemkot Jayapura, melalui launching dan MoU kegiatan ini. Kami sangat salut dan bangga karena Pemkot Jayapura telah termotivasi membuat inovasi dalam meningkatkan daya saing daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., yang diwakili Plt. Sekda Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey, M.Si., mengatakan, inovasi yang dilakukan Pemkot Jayapura selama ini tidak terlepas dari campur tangan kepala daerah.

Wali Kota Jayapura menurut Frans Pekey selalu mendorong ASN di lingkungan Pemkot Jayapura untuk berinovasi dan melakukan perubahan. Bahkan sejak awal kepemimpinannya, Wali Kota Benhur Tomi Mano menurutnya selalu mendorong ASN di lingkungan Pemkot Jayapura untuk memiliki mindset perubahan.

“Wali Kota selalu mengingatkan kepada kita bahwa pembangunan itu selalu identik dengan perubahan. Kalau tidak ada perubahan, maka tidak ada pembangunan,” tegasnya.

Frans Pekey mengatakan, perubahan yang dilakukan tentunya akan menghasilkan peningkatan-peningkatan di berbagai sektor. “Kita dituntut bisa berkompetisi, berdaya saing dengan daerah lain,” tegasnya.

Ditambahkan, dengan pengelolaan pemerintahan yang baik, maka pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat juga bisa berjalan dengan baik. “Dalam memberikan pelayanan, pemerintah harus tetap transparan, cepat, efisien, efektif dan dituntut berinovasi,” pungkasnya. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *