Pemkot Jayapura Kembali Terima Penghargaan

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., menyerahkan penghargaan IAA 2018 kategori kota potensial pariwisata peringkat silver kepada Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., usai apel pagi di lapangan upacara kantor Wali Kota Jayapura, Senin (17/9).(FOTO: Humas Pemkot Jayapura for Cepos)

JAYAPURA-Pemkot Jayapura kembali mengukir prestasi dengan menerima penghargaan Indonesia’s Attactriveness Award (IAA) 2018, sebagai kota potensial pariwisata, peringkat silver. Penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jumat (14/9).

Penghargaan yang diterima Pemkot Jayapura tersebut secara resmi diserahkan Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., kepada Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., usai apel pagi di lapangan upacara kantor Wali Kota Jayapura, Senin (17/9).

Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., mengatakan, penghargaan ini diterima pada penganugerahan tahunan IAA tahun 2018 di Jakarta.

Dikatakan, IAA melalui survei yang dilakukan Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group berhasil menyaring 34 Provinsi dan 137 kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi.
“Ada 16 kabupaten dan kota yang mendapat penghargaan. Terdapat satu kabupaten dan satu kota yang mendapat dua potensi penghargaan dan dari masing-masing potensi,  kita mendapat penghargaan potensi pariwisata untuk peringkat silver,” ungkap Rustan Saru, kemarin.

Penghargaan ini diharapkan bisa memacu Pemkot Jayapura khususnya Dinas Pariwisata Kota Jayapura untuk terus meningkatkan  potensi pariwisata di Kota Jayapura. Termasuk meningkatkan potensi di sektor lain seperti infrastruktur, investasi dan pelayanan publik.

“Kategori penerima penghargaan ada tiga yaitu pertama platinum, kedua gold dan ketiga silver. Tahun ini kita mendapat kategori silver,” jelasnya.

Dikatakan, tim Tempo Media Group sudah melakukan survey sejak Juni – Juli 2018 sebelum memutuskan penerima penghargaan. Untuk bidang pariwisata ada beberapa penilaian yang dilakukan di antaranya meliputi jumlah kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, lokasi wisata yang aman dan nyaman, serta keramahan dan kearifan lokal.

Penghargaan yang diterima Pemkot Jayapura ini diakuinya akan memacu semangat seluruh jajaran Pemkot Jayapura untuk bekerja lebih giat lagi. Beberapa bidang akan trus didorong di antaranya menarik investor untuk menanamkan modal di Kota Jayapura dan infrastruktur penunjang yang akan terus ditingkatkan.

“Semua investor berpotensi datang dengan merujuk pada website di masing-masing instansi. Saya harap semua OPD lebih khusus Dispar Kota Jayapura bisa terus mengaktifkan website dan menggunakan media online sebagai sarana informasi. Karena ini merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penilaian dan meningkatnya investor dan potensi lain,” tambahnya. (dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *