Berdasarkan Perdasus dan Telah Dipertimbangkan Matang

SALAMAN: Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., bersalaman dengan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Papua usai apel pagi di kantor Gubernur Papua, Senin (10/9) lalu. (FOTO : Hans/Cepos)

JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., kembali menegaskan terkait penggabungan dan penghapusan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua. Gubernur Lukas Enembe menegaskan, penggabungan dan penghapusan OPD ini tetap berdasarkan Perdasus (Peraturan Daerah Khusus) Provinsi Papua dan telah dipertimbangkan dengan matang. “Ini sudah saya pikirkan dan tetap akan ada penggabungan dan penghapusan OPD,” jelasnya beberapa waktu yang lalu.

OPD di lingkungan Pemprov Papua menurutnya terlalu banyak dan ada beberapa OPD yang kerjanya selama ini tidak jelas sehingga harus dikembalikan atau digabungkan. Dirinya mencontohkan Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata yang harus digabungkan serta Dinas Ketahanan Pangan yang akan dikembalikan ke Dinas Holtikultura.

“Kita terapkan miskin struktur, tetapi kaya fungsi, sehingga nanti harus ada perampingan atau penghapusan di tingkat OPD,” tuturnya.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan, OPD di lingkungan Pemprov Papua  harus fokus bekerja untuk membangun serta menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Papua saat ini. Untuk itu, OPD di lingkungan Pemprov Papua menurutnya harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Semua mekanisma itu sudah diatur dalam tatatanan roda pemerintahan yang ada. Jangan kita menambah jumlah OPD yang justru tidak efisien, tetapi harus lebih efektif dalam membantu peningkatan kebijakan pembangunan di Provinsi Papua,” tegasnya. (ans/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *