Harus Tetap Optimis Pertahankan Gelar

Pelatih Persipura U-19 Toni Ho. (FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA – Putaran pertama Kompetisi Liga 1 Under 19 (U-19) 2018 akan segera digulir pada 29 Septermber mendatang. Sebanyak 18 tim akan saling beradu untuk menetukan yang terbaik di musim ini.

Babak pendahuluan akan dibagi dalam 3 grup dengan format home tournament dalam 2 putaran. Dimana masing-masing grup diisi 6 tim. Untuk grup 1 diisi oleh PSMS U-19, Sriwijay FC U-19, Bhayangkara FC U-19, Persija U-19, PS Tira U-19 dan PSIS U-19. Untuk grup 2 ada Persib U-19, Persela U-19, Persebaya U-19, Madura United U-19, Bali United U-19 dan Barito Putera U-19.

Sementara juara bertahan Persipura Jayapura U-19 menempati Grup 3 bersama denga Arema FC U-19, Borneo FC U-19, Mitra Kukar U-19, PSM Makassar U-19, Perseru Serui U-19.

Sesuai dengan surat edaran resmi dari PT Liga Indonesi Baru bahwa kuota pemain yang didaftarkan sekurang-kurangnya 18 pemain dan sebanyak-banyaknya 30 pemain. Serta usia pemain yang diperbolehkan bermain di Liga 1 U-19 2018 adalah pemain kelahiran 1999 dan setelahnya.

Namun, pelatih Persipura Jayapura Toni Ho mengatakan belum mengetahui kepastian yang akan menjadi tuan rumah, secara khusus untuk grup 3 “Saya belum mengetahui apakah manajemen Persipura mau tuan rumah atau tidak,” ungkap Toni Ho saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (14/9) siang kemarin.

Untuk kesiapan pemainnya, mantan asisten pelatih Persipura senior ini menuturkan jika pemainnya siap untuk mempertahan gelar musim lalu.

Mantan pelatih Persebaya ini juga merindukan beberapa pemainnya di tim senior yang membawa Persipura U-19 keluar sebagai juara musim lalu. Seperti Rivaldo Todd Ferre, Gunansar Mandowen, Kevin Rumakiek, Patrick, Papua Komboy, Yusak Awi dan Ronaldo Wanma.

“Kita bisa bicara target apabila pemain-pemain diatas ada bisa bergabung. Tetapi nama Todd dan Kevin kemungkinan tidak bisa karena harus memperkuat Timnas, dan Gunansar dan Ronaldo yang juga masih dipasang di timnas senior. Saya juga sudah ajukan nama-nama tersebut kepada Sekretaris klub, Rocky bebena,” kata Toni Ho.

Ditempat terpisah, Sekretaris klub Persipura Jayapura, Rocky Bebena mengatakan bahwa permintaan dari coach Toni Ho telah disampaikan kepada Coach Amilton sebagi pelatih tim senior. Namun dikatakan Rocky bahwa coach Amilton tetap menginginkan para pemain mantan Persipura U-19 tetap berada di tim, lantaran mereka merukan bagian dari strategi coach Amilton.

“Kita sudah sampaikan tetapi coach tim senior (Amilton) lebih mementingkan mereka berada di tim senior, karena mereka pasti akan dibutuhkan dalam tim senior, mereka akan diturunkan dalam pertandingan penting,” jelas Rocky.  “Jadi kita tidak harus bergantung terus dengan pemain yang ada di tim senior saat ini, justru kita yang ada di usia pembinaan harus bisa menciptakan bibit pemain lagi. Bukan soal juara atau tidaknya, tetapi bagaimana kita bisa menghadairkan bibit pemain untuk kita suport ke senior,” tandas Rocky. (eri/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *